PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Wayan Yuliani, Ni Wayan Murniti, Putu Ida Arsani

Sari


Guru dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru dalam pembelajaran berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang dilakukan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu guru haruslah lebih kreatif dalam mengemas atau merancang pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa di kelas. Proses pembelajaran yang menarik seperti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray dapat memberikan motivasi, minat, dan pengalaman belajar bagi siswa karena proses pembelajaran akan lebih bermakna sehingga materi/pengetahuan yang diterima siswa dapat bertahan lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 3 Pucaksari dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama tiga siklus menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Pucaksari tahun ajaran 2020/2021 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Hal ini dibuktikan dari hasil siklus I diperoleh rata- rata hasil belajar siswa sebesar 67, ketuntasan belajar sebesar 36,36% dan daya serap sebesar 67%. Padas iklus II hasil belajar memeproleh rata- rata sebesar 72,72, ketuntasan belajar sebesar 63,63% dan daya serap sebesar 72,72%. Dan di siklus III hasil belajar memperoleh rata- rata sebesar 81,81, ketuntasan belajar sebesar 100% dan daya serap sebesar 82%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhikmah, Luluk. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Jaedun, Amat. 2008. Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas. Makalah penelitian PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY.2008.

Hayatina, Nurul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap HAsil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Muhammadiyah 13 Tunjungruk Morawa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan.

Rinaldi, Riko. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar TematikSiswa Kelas IV SDN 1 Lebungnala Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi.Universitas Lampung.

Rusdiana, Risa. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan, Banjar Angkan Klungkung, 10 Januari 20017.

Slavin, E Robert. 2011. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik Bandung. Nusa Media.

Sudjana. 1989. Hasil Belajar. Bandung. Sinar Baru Aglesindo Offiset.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta

Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 0056 I. No. 1. Tahun 2008.

Wendra. 2007. Subjek Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.