IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Gusti Ayu Bela Dinanti, Putu Subawa, Komang Surya Adnyana

Sari


Pembelajaran kontekstual berbasis Tri Kaya Parisudha sangat cocok diimplementasikan dalam pembelajaran IPS karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan kesempatan agar siswa belajar mengaitkan antara materi pembelajaran di kelas dengan situasi kehidupan nyata. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pengeragoan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Untuk objek penelitian tindakan kelas yaitu hasil belajar setelah diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis tri kaya parisudha. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar siswa di siklus I, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,5 dan daya serap siswa adalah 70,5%, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 60%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I belum memenuhi target yang telah ditetapkan peneliti. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,0 dan daya serap siswa adalah 80,0%. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dan sudah memenuhi target yang ditetapkan peneliti. Untuk ketuntasan belajar siswa mencapai 100% yang berarti ketuntasan belajar sudah memenuhi bahkan melebihi target yang ditetapkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata- rata, daya serap, dan ketuntasan belajar sudah mencapai indikator penelitian yang ditetapkan. Kesimpulan: Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pengeragoan. Kendala-kendala yang ditemui peneliti selama penelitian bisa teratasi dengan baik.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Agung, A.A. Gede. 1997. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri

Ahmad, Fandhi. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Rejosari 2 Demak”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsih, dkk., 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bruce Joyce, Marsha Weil. 1986. Model of Teaching. Prentice/Hall International. Inc

Budiwiyati,Endah. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Nglarang Sleman”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dasar-Sekolah Dasar. Jakarta: BP Dharma Bakti

Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti

Dimiyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252), tersedia online: http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/ diakses pada tanggal 24 April 2017 pukul 11.52 WIB

Hamalik, Osmar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Hanafiah, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama

Johnson, Elaine B. 2009. Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center

Little John, Stephen W and Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi (Theoris of Human Communication) edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Maryani, Enok, Syamsudin Helius. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial Vol: 9 No: 5

Muklis, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Pembelajaran Tri Kaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.Sinarwati Ni Kadek. t.t. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Singaraja: file:///C:/Users/User/Downloads/4225-5354-1- SM.pdf

Permendiknas No 22 Tahun 200 6 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Prastowo Andi. 2012. Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia

Ruhimat, Ibrahim dkk 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Saraswata dkk. (2016). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 tersedia online: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7015 diakses pada tanggal 3 April 2021 pukul 19.18 WITA

Shymansky. J. (1992), Using Constructivist Ideas to Teach Science Teachers about Constructivist Ideas on Teachers are Students Too. Journal of Science Teacher Education.3 (2), 53-57 tersedia online: http://repository.upi.edu/7765/7/d_ips_1007171_bibliography.pdf diakses pada tanggal 31 Mei 2021 pukul 14.25 WITA

Suanthara, E. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Singaraja Tahun Akademik 2016/2017”. Jurnal Pasupati, Volume 5 Nomor 2, Juli-Desember 2017

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suherman. 2014.“Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani”. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 1 (hlm 71-76)

Sugihartono, dkk,. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNK Pers

Surahman, E. dan Mukminan 2007. ”Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4 Nomor 1 (hlm. 1-3)

Surya, Moh. 1981. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionaL. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Wahab, Aziz, Abdul. 2009. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta

User, Usman. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakary




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.