IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Sari
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Agung, A.A. Gede. 1997. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri
Ahmad, Fandhi. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Rejosari 2 Demak”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Arikunto, Suharsimi. 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsih, dkk., 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bruce Joyce, Marsha Weil. 1986. Model of Teaching. Prentice/Hall International. Inc
Budiwiyati,Endah. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Portofolio Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Nglarang Sleman”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Dasar-Sekolah Dasar. Jakarta: BP Dharma Bakti
Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti
Dimiyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252), tersedia online: http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/ diakses pada tanggal 24 April 2017 pukul 11.52 WIB
Hamalik, Osmar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Hanafiah, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2009. Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center
Little John, Stephen W and Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi (Theoris of Human Communication) edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika
Maryani, Enok, Syamsudin Helius. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial Vol: 9 No: 5
Muklis, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Pembelajaran Tri Kaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.Sinarwati Ni Kadek. t.t. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Singaraja: file:///C:/Users/User/Downloads/4225-5354-1- SM.pdf
Permendiknas No 22 Tahun 200 6 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Prastowo Andi. 2012. Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia
Ruhimat, Ibrahim dkk 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Saraswata dkk. (2016). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 tersedia online: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7015 diakses pada tanggal 3 April 2021 pukul 19.18 WITA
Shymansky. J. (1992), Using Constructivist Ideas to Teach Science Teachers about Constructivist Ideas on Teachers are Students Too. Journal of Science Teacher Education.3 (2), 53-57 tersedia online: http://repository.upi.edu/7765/7/d_ips_1007171_bibliography.pdf diakses pada tanggal 31 Mei 2021 pukul 14.25 WITA
Suanthara, E. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Singaraja Tahun Akademik 2016/2017”. Jurnal Pasupati, Volume 5 Nomor 2, Juli-Desember 2017
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suherman. 2014.“Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani”. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 1 (hlm 71-76)
Sugihartono, dkk,. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNK Pers
Surahman, E. dan Mukminan 2007. ”Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4 Nomor 1 (hlm. 1-3)
Surya, Moh. 1981. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionaL. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Wahab, Aziz, Abdul. 2009. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta
User, Usman. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakary
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2147
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.