IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Kadek Yuni Hariyandani, I Gusti Ayu Desy Wahyuni, Made Adi Nugraha Tristaningrat

Sari


Pembelajaran problem based learning sangat cocok di implementasi dalam mata pelajaran IPA karena model pembelajarann ini dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar dan untuk mengembangkan intelektual serta memberikan kesempatan agar siswa belajar dalam situasi kehidupan nyata. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Gumbrih Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 orang. Untuk objek penelitian tindakan kelas yaitu hasil belajar setelah diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,8 dan daya serap siswa adalah 72,8% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 68%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I memenuhi target yang ditetapkan. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,4 daya serap siswa adalah 78,4%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80% yang berarti hasil belajar pada siklus II telah memenuhi target namun ketuntasan belajar belum mencapai target minimal yang telah ditetapkan. Hasil analisis data pada siklus III, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,8 dan daya serap siswa adalah 83,8%. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori baik dan telah memenuhi target yang ditetapkan. Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 100% yang berarti ketuntasan belajar sudah memenuhi bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar sudah mencapai indikator penelitian yang ditetapkan. Kesimpulannya Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gumbrih.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A.A Gede. 1997. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri.

Arikunto, dkk., 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Singaraja Bali: Bagian Ilmu Fall Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. Husamah & Yanuar Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Iskandar, Srini M. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ismail, Ilyas. 2008. Ilmu Pendidikan Teoritis. Jakarta: Ganeca Exact. Margono. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurkancana, Wayan dan Sumartana. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Padeng, Stefanus. 2017. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Menggunakan Pendekatan PMRI Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III SD Kanisius Klepu. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma

Parwata, Ida Bagus. 2009. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Prastowo, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna Wilis Dahar. 1996. Teori – Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Redana, Made. 2006. Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal Riset IHDN Denpasar.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Reamaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v2i1.2145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.