PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 2 Belimbing, Banjar Dinas Suradadi, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Belimbing tahun ajaran 2020/2021. Yang Jumlah siswanya 20 orang siswa. Komponen pengumpulan data diperoleh dari hasil, Postest I, II dan III, Kuesioner, Observasi dan Wawancara. Analisis data dilakukan sesuai dengan data yang diperoleh yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Lingkungan mampu Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 2 Belimbing. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I, diperoleh rata- rata hasil belajar siswa sebesar 69 berkatagori cukup sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 65 % dan daya serap sebesar 69%. Pada siklus II, maka diperoleh rata- rata hasil belajar siswa sebesar 89 berkatagori baik, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap sebesar 89%. Siklus III memperoleh rata- rata sebesar 92, ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap sebesar 92%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, A. A Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar.Buku Ajar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan UNDIKSHA.
Aisyah Siti dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka
Barlia, L. 2006. Mengajar dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.
Ekowati, Sri Hariani. 2008. Strategi Pembelajaran Menulis. Sebelas Maret. University.
Elain B. Johnson. 2007. Contextual Teching and Learning. Bandung: Mizan.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.
Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas negeri Malang.
Nurkancana, Wayan. 2006. Psikologi belajar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurhayati. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran Diklat. Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santyasa, I Wayan. 2005. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. FMIPA IKIP Negeri Singaraja.
Shadiq, F. 2004. Implikasi Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Artikel. Tersedia pada www.damandiri.or.id. Didownload tanggal 25 Desember 2020.
Slameto. 2003. Belajar & Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinika Cipta.
Sudarma, I Komang dan Desak Putu Parmiti. 2007. Modul Media Pembelajaran. Singaraja. Jurusan Pendidikan Dasar UNDIKSHA Singaraja
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2003. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugianto. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research). Jogjakarta : Pararaton.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Syamsudduha & Rafi. 2012. Penggunaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan 15 (1): 18 31
Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas : Universitas Terbuka.
Yanti dan Munaris 2012 . Penelitian Tindakan Kelas. Cahaya Abadi. Tulungagung
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1790
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.