PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS
Sari
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk ditemukan permasalahan dalam pembelajaran diantaranya adalah siswa tidak konsentrasi dan sering merasa bosan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran IPS. Adapun rumusan masalah yang dibahas disini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe role playing berpengaruh terhadap meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk, Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing (bermain peran) terhadap hasil belajar pada siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan rancangan penelitian Posst-Test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk yang berjumlah 26 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kalibukbuk yang berjumlah 13 orang sebagai kelompok eksperimen dan 13 orang sebagai kelompok kontrol. Teori Behaviorisme yang merupakan berdasarkan pengalaman yang baik dalam proses belajar tersebut akan menciptakan hasil belajar yang optimal, ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh terhadap meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing (bermain peran). Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran IPS sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Beni Napitu (Abdurrahman dan Bintoro). Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Dan Jenisnya. https://www.masukuniversitas.com/model-pembelajaran- kooperatif/. (Artikel)
Badaruzzaman. 2018. Teori Belajar Kognitif Dan Penerapannya. https://www.dasarguru.com/teori-belajar-kognitif-dan-penerapannya/. diakses pada 9 januari 2020
Diah Ayu Rihmatika, dkk.(Jill Hadfield, 1986 Basri Syamsu, 2000). Paper Model Pembelajaran Role Playing. Universitas Negeri Surabaya.
Isma agung (Jill Hadfield, Basri Syamsu, 2000).Pengertian dan langkah-langkah model pembelajaran role playing.(Artikel).diakses pada 10 januari 2020
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Tektik Analisis Data Kuantitatif.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta. Sapriya. (2019). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran.Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Setyosari Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, cv.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Uno, B. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Goront
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1788
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.