PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Luh Meryani, Ni Wayan Murniti, I Komang Wahyu Wiguna

Sari


Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai sample adalah siswa kelas 3a SD Negeri 3 Sanggalangit Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada siklus I baru mencapai rata-rata , naik pada siklus II menjadi 80,17. Berdasarkan rata-rata tersebut bahwa hasil belajar IPA siswa kelas 3a SD Negeri 3 Sanggalangit mengalami peningkatan katagori rendah pada siklus I dan meningkat, katagori tinggi pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di SD Negeri 3 Sanggalagit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, Oemar.2014. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta.PT Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Purwanto, N.2010.Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya Supardi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Kencana

Yudaparmita. Gusti Ngurah Arya. 2021. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Insersi Nilai-Nilai Tri Hita Karana. Volume 4 Nomor 1. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/article/view/1206. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v1i2.1787

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.