MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 PAKET AGUNG
Sari
Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah IPS peserta didik tingkat Sekolah Dasar khususnya peserta didik kelas IV SDN 1 Paket Agung disebabkan karena peserta didik kesulitan dalam menerima pembelajaran karena guru yang masih menggunakan metode Konvensional dan peserta didik jarang sekali mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah IPS peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada atau tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa 2) ada atau tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPS.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Paket Agung. Sampel yang terpilih adalah seluruh kelas IV (A) dan (B) SDN 1 Paket Agung dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes objektif untuk data hasil belajar siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kontruktivisme, teori ini saling berkaitan dengan model problem Based Learning karena didalem teori ini lebih menekankan siswa dalam melakukan interaksi dalam bentuk diskusi selain itu juga siswa dituntut untuk memecahkan suatu permasalahan dengan mengembangkan ide-ide yang ditemukan dan menciptakan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran yang nantinya akan mempengaruhi Hasil Belajar siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung. 1999.Perkembangan Pesertadidik. Jakarta :RinekaCipta
Agung. Anak Gede Agung. 2010. Bahan Kuliah Statistik Deskriptif, Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan,FIP,Undiksha.
Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan PraktekEdisi (Revisi VD). RinekaCipta,Jakarta.
Alimah, S., Marianti,A. 2016. Jelajah Alam Sekitar Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran. Semarang : FMIPA UNNES.
Al- Tabany Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.
Arini & Kertiasih. 2010. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Mempertunjukan Boneka pada Siswa Kelas 4 SD No. 1 Paket Agung Singaraja. Laporan Hasil Penelitian (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.
Dimyatidan Mudjiono.1999. BelajardanPembelajaran. Jakarta :RinekaCipta
Faizah, Umi. 2010. Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD N 2 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyol ali Tahun Pelajaran 2009/2010.
Hamalik ,Oemar. 2000. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinbar Baru Algesindo.
Hamid Hasan,.( 1996 ). Pendidikanilmu ilmu social. Bandung : Jurusansejarah FPIPS IKIP Bandung.
Hanief, Yulingga Nanda dan Waris Himawanto.2017. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Huda, M.2014. Model model pengajaran dan pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koyan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja:Undiksha
Kuncoro. 2013. Analisis Statistika Pendidikan. Lisna, Nyoman H dan Suardipa,I.P. 2010. Statistika Pendidikan. Jawa Tengah: CV Pena Persada.
Luftiana, Firdayanti. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil belajar Level C1- C4 siswa kelas VII SMPN 2 Srumbung materi Pencemaran Lingkungan
Margunayasa, I Gede. Dkk. 2014. PembelajaranTerpaduKonsepdanPenera pannya. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Nurdyansyahdan Eni FariyatulFahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo :Nizamia Leaning Center.
Olivia, Femi. 2006. Cerdas Berbicara: 8 Resep Rahasia bagi Orang Tua agar Anak Berani Tampil di setiap Kesempatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ratna,NyomanKutha. 2004, Teori, Metode, danTeknikPenilaian. Yogyakarta :PusakaPelajar
Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Sugiono.2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta
Solihatin, Etin & Raharjo. 2008. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Samatowa, Usman. 2010 Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
Sumantri. (2016). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto,Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Pennelitian. Bandung: ALFABETA.
Suryabrata, Sumedi. 2010. Statistika Hipotesis Pendidikan. Bandung: Pustaka Belajar
DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v1i2.1786
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.