IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATERMATIKA SD
Sari
Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menyajikan yang kemudian digunakanuntuk merangsang berpikir yang berorentasi pada masalah. Masalah ini digunakan untuk mengikat siswa pada rasa ingin tahu pada pembelajaran Problem Based Learning Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Batungsel dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Batungsel Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 38 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Simpulan yang dapat diuraikan yaitu pada siklus I rata-rata kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematika adalah 57,19 atau berada pada kategori rendah. Pada siklus II skor rata-rata kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematika adalah 82,24 atau berada pada kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa target penelitian telah tercapai. Kelemahan yang masih dialami siswa yaitu pada mengidntifikasi asumsi dan mencari alternatif lain/dengan cara lain dalam menyelesaikan masalah. Kelemahan yang dihadapi siswa tersebut dapat diatasi dengan membimbing siswa secara kontinyu setiap memberikan latihan soal-soal dan dalam diskusi kelompok. Pada diskusi kelompok tekankan pada siswa pentingnya kerjasama dan saling berbagi pengetahuan sesama anggota anggota.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dimyati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Iswara, P. D. 2012. Htttp: file.upi.edu/browse.php?. diunduh 29 Mei 2017
Karlina, I. 20012. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa ,http://www.sdbinatalenda.co m/arsipartikel/artikel_ina.pdf.diund uh 29 Mei 2017, 13:16
Martinis, Y. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Referensi (GP Press Group).
Nurkancana & Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Pasaribu I. L dan Simandjuntak B. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Pusat Pembinaan dan Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suhermon, Ermon. 1999. Strategi Belajar Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sulistyorini, 2007. Pembelajaran IPA SD. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar. Fasilisator Idola (Online). Tersedia: http:.sunartombs.woedpress.com. diakses 1 Juni 2017.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karua.
Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Walgito, B. (1981). Bimbingan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1785
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.