MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS II
Sari
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media papan berpaku pada siswa kelas IV di SD gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 199 orang yang merupakan siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Kelas IV SD Negeri 4 Temukus yang berjumlah 36 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas IV SD Negeri 1 Temukus berjumlah siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada kelas IV di SD gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media papan berpaku terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media papan berpaku adalah 85,53 dengan standar deviasi 7,020, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah adalah 70,838 dengan standar deviasi 10,5423. Taraf signifikan t (tabel) dengan jumlah responden 73 = 2,000, sehingga dapatdilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t dinyatakan bahwa 6,987 > 2,000. Jadi, dengan demikian model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media papan berpaku mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, A.A.G. 2016. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
BNSP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Cahyaningsih, Ujianti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 03 (01).
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implmentasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1784
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.