PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ASAHDUREN

Sang Made Nataria, I Made Ariasa Giri, I Ketut Ngurah Ardiawan

Sari


Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkan hasil belajar pada muatan IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester II SD Negeri 3 Asahduren Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa yang dibatasi pada ranah kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas guru dalam menyampaikan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa. Data mengenai hasil belajar siswa tersebut kemudian dikumpulkan untuk dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Asahduren Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum penerapan siklus I penulis melaksanakan pre test, pada hasil pre test ini hasil belajar siswa sebesar 28,57%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi hasil belajar siswa sebesar 64,28%, pada siklus II kembali mengalami peningkatan sebesar 85,71%, dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa telah mencapai 100%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiawan, IKN. 2017. The Correlation Between Teacher Professional Competence and Natural Science Learning Achievement in Elementary School. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(3), 173- 177.

Ardiawan, IKN. dan Diari, Komang Puteri Yadnya. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Institut Hindu Dharma Negeri, vol 5 no 1.

Purwanto, Ngalim. M. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratumanan, T.G. dan Rosmiati, Imas. 2018. Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Tint, S. S., dan Nyut, E. E. 2015. Collaborative Learning Types with Think Phare Share Technique. Computer Applications: An International Journal (CAIJ) vol 2 no 1 hal 1-11 pg.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Penerbit Kencara.

Wisudawati, A.W. dan Sulistyowati,E. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA.

Jakarta: PT Bumi Antariksa.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1783

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.