PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Kadek Sinta Deviyanti, I Putu Gede Parmajaya, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Pendekatan kontekstual dapat diimplementasikan dengan baik, dituntut adanya kemampuan guru yang inovatif, kreatif, dinamis, efektif dan efisien guna menciptakan pembelajaran yang kondusif. Pada penelitian ini diperoleh beberapa simpulan yaitu : 1) pendekatan pembelajaran kontekstual lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, 2) pendekatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan motivasi berprestasi siswa, 3) pendekatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Berdasarkan hasil analisis data, persentase rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada siklus I diperoleh 68,83% (kategori sedang), meningkat menjadi 81,59% (kategori tinggi) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 2 Sangkaragung Kecamatan Negara Kabupaten Negara Tahun Pelajaran 2020/2021.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hernowo. (2005). Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung: MLC.

Rubiyanto. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sanjaya. (2005). Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerbit : Ghalia Indonesia.

Yudaparmita. Gusti Ngurah Arya. 2020. Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dan Profesionalisme Guru. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/JPAUD/article/view/932. Widyakumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yudaparmita. Gusti Ngurah Arya. Swadesi. I Ketut Iwan. 2021. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Insersi Nilai-Nilai Tri Hita Karana. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/article/view/1206. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.