PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA
Sari
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Picture And Picture berbantuan media Audio Visual pada siswa kelasV SD gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 259 orang yang merupakan siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021. Kelas V SD Negeri Astina yang berjumlah 34 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V SD Negeri 1 Sari Mekar berjumlah 32 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD gugus III Kecamatan Buleleng, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan modelpembelajaran Picture And Picture berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture berbantuan media audio visual adalah 78,9706 dengan standar deviasi 7,86047, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah adalah 67,5000 dengan standar deviasi 6,83917. Taraf signifikan t (tabel) dengan jumlah responden 64 = 1,669, sehingga dapat dilihat dari signifikansi yang dihasilkan pada uji t dinyatakan bahwa 1,669 > 0,05. Jadi, dengan demikian model pembelajaran Picture And Picture berbantuan media audio visual mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung,. A. A. G. 2014. Metodologi penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media
Aprudin. 2012. Model-model penelitian Tindakan kelas menurut para ahli (Online). http//007indien.blogspot.com/2012/05/model-model-penelitian- Tindakan-kelas.html.(diakses pada tanggal 20 Desember 2020, pukul : 10.30).
Arief S, Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: pengertian,pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka CiptaArsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Berlin, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Candiasa, I. M. 2010. Pengujian Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: UnitPenerbit Universitas Pendidikan Ganesha.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pineka
Cipta Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pengembangan: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koyan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Kuantitatif. Singaraja: Universitas PendidikanGanesha press.
Md Ni. Kurniati, Dw. Nym. Sudana, Ni Nym. Garminah. 2013. Pengaruh Metode Pictureand Picture terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD Semester Genap di Gugus I Kecamatan Bulelen https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.undiksha.ac.i d/ind ex.php/JJPGSD/ (diakses pada tanggal 22 Desember 2020, pukul : 10.50).
Sudijini, Anas. 2015. Pengantar statistic Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukandi, Ujang. 2003. Pembelajaran konvensional. http://sunartombs.wordpress. com/2009/03/02/pembelajaran-konvensional-banyak-dikritik-namun paling-disukai/. (Diakses Kamis, 23 Desember 2020).
Susanto Ahmad. 2019. Teori Belajar Di Sekolah Dasar, Jakarta : Prenadamedia Group Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i2.1780
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.