IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 2 BELIMBING

Ni Ketut Marni, I Wayan Arka, Ni Putu Candra Prasetya Dewi

Sari


Untuk dapat terciptanya situasi belajar yang menyenangkan, guru harusmemperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh: (1) diri siswa sendiri sebagai pelaku utama dalam proses belajar mengajar; (2) diri guru sebagai pengelola proses belajar mengajar dengan segala keunikannya; (3) tujuan pendidikan yang menjadi sasaran pencapaian dari proses belajar mengajar; (4) bahan pengajaran sebagai penunjang pokok bagi tercapainya tujuan; (5) kemudahan untuk mencapai sumber bahan pengajaran; (6) suasana sekitar pada waktu belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Belimbing melalui implementasi pembelajaran berbasis multimedia. Penelitian ini masuk ke dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Hasil penelitian menyatakan Implementasi pembelajaran berbasis multimedia mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Belimbing. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I diperoleh data hasil belajar siswa memperoleh rata- rata sebesar 67 dengan kategori cukup. Ketuntasan klasikal sebesar 42% dan daya serap sebesar 67%. Data hasil belajar siswa siklsu II memperoleh rata-rata sebesar 8 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap sebesar 80%. Data hasil belajar siswa siklus III memperoleh rata-rata sebesar 9 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap sebesar90%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Sugandi. 2008. Teori

pembelajaran Semarang : UPT MKK

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

UNNES

Ahmad. 2014. Penerapan Media

Pembelajaran Berbasis Multimedia

LCD Proyektor Dalam Upaya

Meningkatkan Motivasi Belajar IPA

Siswa Kelas IV SD N 1 Taruman

Tahun Ajaran 2013/2014.. tersedia

di.

http://eprints.ums.ac.id/29627/9/02._

Naskah_Publikasi.pdf.

Ahmadi dan Supriyono, 1991. Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Al Rasyidin & Wahyudin Nur Nasution,

Teori Belajar dan

Pembelajaran,(Medan: Perdana

Publishing, 2011), h. 30

Ali Ismail, Uman Suherman, Jamilah.

Implementasi Model

Pembelajaran Berbasis Multimedia

Interaktif Untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar Siswa di SMK

Garut. Tersedia di

https://journal.institutpendidikan.ac.i

d/index.php/tekp/article/view/111.

Ariesto Hadi, Sutopo, 2003, Multimedia

Interaktif dan Flash,PT Graha

Ilmu.Yogyakarta

Astuti, E. (2021). Pemanfaatan Media

Pembelajaran Berbasis Multimedia

di Era Revolusi Industri 4.0 bagi

Siswa dalam Meningkatkan Hasil

Belajar di SD Negeri Duren

Kecamatan Sumowono Kabupaten

Semarang. Educatif Journal of

Education Research, 3(3), 47-60.

Coring, F. B. (2019). Pengaruh

Penggunaan Multimedia Terhadap

Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada

Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Kurikulum Cambridge Di Sekolah

Dasar Khadijah Surabaya. Child

Education Journal, 1(1), 8-19.

E.Mulyasa.2005. Menjadi Guru

Profesional.Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya

Endang Purwanti Nur Widodo.

Perkembangan Peserta Didik,

(Malang: UMM Press, 2005), h. 40

Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Hamalik.O. 2011. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta : PT Bumi

AksaraIndrawati. (1999). Modelmodel Pembelajaran IPA. Bandung:

PPPG IPA

Iskandar 2009. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada

Press

Mustakim dan Abdul Wahab, Psikologi

Pendidikan,(Jakarta: Rineka Cipta,

, h. 34

Nadya Sheematha Uno, Wahjoedi,

Agung Haryono. 2016. Penggunaan

Media Pembelajaran Berbasis

Multimedia Interaktif dalam

Pengajaran Ekonomi Berwawasan

Indonesia. Tersedia pada

http://pasca.um.ac.id/conferences/in

dex.php/ncee/article/download/775/4

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Penerbit Rineka Cipta.

Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran

Sains Terkini. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Sudjana, N. 2004 Penilaian Proses Hasil

Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas,

Kebudayaan dan Perkembangan

IPTEK.Bangung: AlfabetaUno.

Hamzah B. 2011. Teori Motivasi &

Pengukurannya. Bumi aksara:

Jakarta




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1741

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.