PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN

Pujiono Pujiono, I Wayan Sudika, Ni Nyoman Kurnia Wati

Sari


Penelitian dilakukan berdasarkan temuan awal bahwa terdapat beberapa masalah,pertama, siswa masih mengalami kejenuhan dan kebosanan dalam mengikuti pembelajaran karena model pembelajaran yang kurang inovatif. Kedua, guru tidak menggunakan media yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga, guru tidak banyak mengetahui tentang metode pendekatan yang cocok digunakan terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan video terhadap hasil belajar PKN pada siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini tergolong quasi experiment, dengan desain penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik rondom sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil uji t-test, diperoleh hasil peneletian thitung = 3,487; df = 50; dengan sig = 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran blended learning berbantuan video terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2020/2021.Perbedaan ini disebabkan karena pertama, pembelajaran tidak terkesan monoton. Kedua, model pembelajaran blended learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centeredlearning). Ketiga, siswa belajar secara mandiri dan keempat, siswa aktif terlibat dalamdiskusi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah Asri Argatami. ( fakultas keguruan

dan ilmu pendidikan, 2019 )

Pengaruh Model Blended Learning

Terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik Tema Panas dan

Perpindahannya Kelas V SD 02

Yapindo.

Agung, Gede. 2014. Metodologi

Penelitian Pendidikan. Malang:

Aditya Media Publishing Agung,

A.A Gede. 2010. Metodologi

Penelitian Pendidikan. Istitut

Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Negeri Singaraja.

Djmarah, Syaifful Bahri & Aswan Zain.

Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta : Rineka Cipta.

Maha Dewi Sitorus, 2018, Pengaruh

Model Blended Learning Dan

Minat Belajar Terhadap Hasil

Belajar PKn di Sekolaha Dasar,

UNIMED

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang

Republik Indonesia N. 20 Tahun

TentangSistemPendidikan

Nasional. Sekretariatan Negara.

Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D).

Bandung : Alfabeta

Sunal, Chyntia & Hass, Mary E. 1993.

Social Studies and Elementary

Jurnal Mahasiswa PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

Middle School Student.

USA: Halt Rinehart and Windton, inc.

Udiyani, K. I, dkk. 2017. e-journal

Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan GaneshaProgramStudi

Pendidikan Dasar, Volume 7, No 1




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1740

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.