IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BELIMBING

I Wayan Adi Setia Birawan, Ni Wayan Murniti, I Komang Wahyu Wiguna

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDNegeri 5 Belimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tutup siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, bservasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Belimbing tahun ajaran 2020/2021 yang siswanya berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, untuk menyempurnakan data prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Belimbing.data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data pada siklus I, diperoleh rata- rata sebesar 67 dan berkatagori cukup, ketuntasan klasikal sebesar 42% dan daya serap sebesar 67%. Hasil analisis data pada siklus II, maka diperoleh rata- rata aktivitas belajar siswa sebesar 81 berkatagori Baik, ketuntasan klasikal sebesar 100% dan daya serap sebesar 81%. dapat disimpulkan bahwa, Implementasi pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Belimbing.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih

Sulistyastuti. 2007. Metode

Penelitian Kuantitatif, Untuk

Administrasi Publik, Dan Masalah?masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya

Media.

Ariyadi Wijaya. 2012. Pendidikan

Matematika Realistik, Suatu

Alternatif Pendekatan Pembelajaran

Matematika. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi

Belajar dan Kompetensi Guru.

Surabaya: Usaha Nasional.

Yulianty, N. 2019. Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematika

Siswa Dengan Pendekatan

Pembelajaran Matematika Realistik.

Jurnal Pendidikan Matematika

Raflesia, 4(1), 60- 65.

Yudaparmita, Gusti Ngurah Arya. 2021.

Pemanfaatan Lingkungan Sebagai

Media Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Melalui Insersi Nilai-Nilai

Tri Hita Karana. Jurnal: Kamaya

Jurnal Ilmu Agama.

http://jayapanguspress.penerbit.org/i

ndex.php/kamaya/article/view/1206.

Nayun, I Wayan. 2010. Pengaruh

Pendekatan Matematika Realistik

terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa dengan Mempertimbangkan

Gaya Berpikir Siswa (Studi

eksperimen pada SMP Negeri 1

Tejakula). Tesis_(tidak diterbitkan)

Program Pasca Sarjana, Universitas

Pendidikan Ganesha.

Ni Nym. Sri Aryanti, I Wyn. Wiarta, I

Md. Putra.2013.Penerapan Model

Pembelajaran Matematika Realistik

Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

Matematika Siswa Kelas IV Di

Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara

Tersedia di

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.

php/JJPGSD/article/view/1434 di

download tanggal 22 November

Nyimas Aisyah, dkk. 2007.

Pengembangan Pembelajaran

Matematika SD. Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi

Departemen Pendidikan Nasional.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran

Matematika yang Menyenangkan.

Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1739

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.