MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALDALAM MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS

Ni Kadek Dwi Satya Ariani, IG. Agung Jaya Suryawan, Komang Surya Adnyana

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar siswakelas IV gugus IX tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis penelitian QuasiEksperiment atau eksperimen semu. Jumlah kelas eksperimen pada peneltian ini adalah 22 orang yang terdapat pada SD N 1 Jinengdalem dan jumlah kelas kontrol adalah 25 orang pada SD N 5 Jinengdalem. Pemilihan kelas eskperimen dan kelas control menggunakan teknik Simple Random Sampling atau teknik secara acak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Gugus IX, menunjukan adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas IV. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai tertinggi siswa kelas eksperimen adalah 116.00 dan nilai terendah adalah 102.00 dengan standar deviasi 2.90283 dan nilai tertinggi kelas control adalah 57.00 dengan nilai terendah adalah 43.00 dan standar deviasi 3.333317. Jadi, model Problem Based Learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV. Dalam penerapan model Problem Based Learning memiliki kendala yaitu guru tidak dapat mengawasi siswanya keseluruhan dan secara ketat sehingga upaya yang perlu diterapkan untuk mengurangi hal tersebut adalah menerapkan modelPBL dengan sabar dan secara tepat sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran PBL.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ab3duh. 2015. Cara Menghitung Skala

Likert.Tersedia dalam

https://ab3duh.web.id/cara?menghitung- skala-likert/ .

Diakses pada tanggal 12Juni

Pukul 19:14

Agung. 2010b. Bahan Kuliah Statistik

Deskriptif. Singaraja: Jurusan

Teknologi

Pendidikan,FIP,Undikha.

Andriyani, Fera. 2015. Teori Belajar

Behavioristik dan Pandangan

Islam Tentang Behavioristik. e?Jurnal Pendidikan dan Pranata

Islam STAI Syaichona Cholil

bangkalan,168-173.

Asmani, Jamal, M. 2009. Jurus-Jurus

Belajar Efektif untuk SMP dan

SMA. Yogyakarta: DIVAPress.

Awwaabiin, Salmaa. 2021. Variabel Bebas

dan Terikat Pengertian, Perbedaan,

Hubungan, dan Contoh

Lengkap.Tersedia dalam

https://penerbitdeepublish.com/variab

el- bebas-dan?terikat/#Jenis_Variabel_berdasarkan_

Posisi_dan_Fungsinya_dalam_Penelit

ian .Diakses pada tanggal 15 Juni

Pukul 22:55

Damayanti, Agrinanda. 2014. Pengaruh

Minat Belajar, Kebiasaan Belajar,

Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar,

dan Perhatian Orang Tua Terhadap

Prestasi Belajar Akuntansi Siswa

Kelas X Kompetensi Keahlian

Akuntansi SMKYapemda 1 Sleman

Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi

Program Studi Pendidikan Akuntansi,

Jurusan Pendidikan Akuntansi.

Universitas Negeri Yogyakarta.

Daniyanti, N.A., dan Sugiman. 2015.

Hubungan antara Kemampuan

Herbal, Kemampuan Interpersonal,

dan Minat Belajar dengan Prestasi

BelajarMatematika. Jurnal

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

PendidikanMatematika.

Dheni, Pebria Punasari & dkk. 2019.

Penerapan Model Pembelajaran

PBL dalam Meningkatkan

Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar

Ekonomi Pada Siswa Kelas X

(Studi Kasus Pada SMA Negeri 1

Bangkayang). Atrikel Manajemen

dan Kewirausahaan Sekolah

Tinggi IlmuManajemen.

Dwita, S. I., Made., Ngurah, J. I., Gusti.,

& Citra, Wibawa. I., Md. (2016).

Penerapan Model PBL untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil

Belajar IPS pada Siswa Kelas IV. e-Jurnal PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha (Vol: 4 No:

Tahun: 2016), 8-9.

Gie, The Liang. 2004. Cara Belajar yang

Baik Bagi Mahasiswa.

Yogyakarta: GajahMada Pers

Gunantara, Suarjana & Riastini, N.

Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk

MeningkatkanKemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Siswa Kelas

V. JurnalMimbar PGSD Universitas

PendidikanGanesha.

Herlinda, dkk. 2017. Pengaruh Model

Problem Based Leraning (PBL)

terhadap Hasil Belajar,

Kemampuan Pemecahan Masalah

Fisika dan Minat Belajar Siswa

pada Materi Fluida Statis di

SMAN 1 Lebong Sakti. e-jurnal

Program Studi Pendidikan Fisika

Universitas Bengkulu(Vo. 1. No.

, Agustus 2017).

Herpatiwi. 2016. Teori Belajar dan

Pembelajaran. Yogyakarta: media

akademi.

Heryanto. 2014. Pengaruh

ModelPembelajaran Kooperatif

dan Konvensional dalam

Pembelajaran Jasmani Terhadap

Minat Belajar Siswa SMK PGRI

Cimahi.

http://repository.upi.edu/15920/6/.

S_PO P_1002147_chapter3.pdf.

(diaksestanggal 21 Desember

.

Ibnu Badar al_-Tabany, Trianto. 2014.

Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif, Progresif, Dan

Kontekstual. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Irwan Nahar, Novi. 2016. Penerapan

Teori Belajar Behavioristik Dalam

Proses Pembelajaran. e-Jurnal

Ilmu Pengetahuan Sosial Anggota

DPRD Kabupaten Agam Sumatera

Barat (Vol: 1 Desember 2016), 73.

Koyan. 2012. Asesmen dalam Pendidikan.

Singaraja: Undiksha .2012.

Statistik Pendidikan Teknik

Analisis Data Kuantitatif.

Singaraja: Undiksha

Muijs, Daniel dan David Reynols. 2005.

Effective Taeching (Avidence and

Practice SecondEdition). New

Delhi: Sage Publication Ltd.

Nurul, Evi Qomariyah. Pengaruh

Problem Based Learning terhadap

Kemampuan BerpikirKritis IPS.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. (Jakarta: MediaGroup,

.

Sardini. 2013. Pengaruh Minat Belajar

Terhadap Hasil Belajar

PelajaranEkonomi Siswa KelasXI

IPS Man Pontianak.

Ters

edia pada

http://download.portalgaruda.org/a

rticle.

php?article=112331&val=2338

(diakses padatanggal 04 Juli 2021)

Semenderiadis, Themistoklis. 2009.

Using Audiovisual Media In

Nusery School Within The

Framewor Of The Interdiscipinary

Approach. Synergies Sud-Est

europeen n 2-2009

Shaleh, Abdul Rahman dan Wahab,

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

Muhbib Abdul. 2004. Psikologi.

Jakarta: PrenadaMedia.

Soemantri, M. Numan. 2001. Menggagas

Pembaharuan Pnedidikan IPS.

Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sukmawati, I., Neciyarni, Syukur, Y., &

Said, A. 2013. Peningkatan Hasil

Belajar Melalui Dinamika

Kelompok dalam Perkuliahan

Pengejaran Psikologi dan

Bimbingan Konseling (PPBK).

Pedagogi: Jurnal Ilmiah

IlmuPendidikan.

Sumarmi. 2012. Model-Model

pembelajaran Geografi. Malang:

Aditya MediaPublishing.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk

Pennelitian. Bandung:

ALFABETA.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.

Stretegi Belajar Mengajar.

(Jakarta: PT Rineka Cipta,2007).

Trianto. 2008b. Mengembangkan

Pembelajaran Berdasarkan

Masalah (Problem Based

Instrustion). Makalah Prosiding

Pada Seminar Internasional

Pendidikan Global Mengupas

Model Pembelajaran di Kelas dan

Pendidikan yang Dikembangkan di

Beberapa Negara Maju yang

Diselenggarakan oelh Majalah

Ilmiah Dwijakarya PPLP PGRI

Jawa Timur, Minggu 11 Maret

di PT Telkom Divre

Surabaya.

Trianto. 2014. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif, Progresif,

dan Kontekual. Jakarta: PT

Kharisma Putra Utama.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wati, Atmaka.dkk. 2014. Pengaruh

Strategi Pembelajaran Mind

Maping Berbantuan Media Power

Point Terhadap Hasil

Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Di SMA

Negeri 1 Tejakula Tahun

/2014. e-Jurnal Jurusan

Teknologi Pendidikan Universitas

Pendidikan Ganesha (Vol: 2 No: 1

Tahun 2014).

Yuliasari, Evi. 2017. Eksperimentasi

Model PBL dan Model GDL

Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Ditinjau dari

Kemandirian Belajar. e-Jurnal

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika UniversitasNegeri

Jakarta




DOI: https://doi.org/10.55115/widyajaya.v1i1.1738

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.