PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWBERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

I Nengah Hadi Darmayasa, I Made Suweta, I Putu Suardipa

Sari


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuanmedia video pembelajaran siklus air. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan melalui tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester 2 SD Negeri 4 Dauhwaru Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Jigsaw berbantuan media video pembelajaran siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Dauhwaru Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2020/2021, yaitu peningkatan rata-rata persentase keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA yang dicapai pada siklus I adalah 75,43%, kemudian siklus II dengan keaktifan siswa 78,35%, dan siklus III dengan persentase keaktifan belajar siswa 86,25% serta peningkatan rata-rata persentase hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPA yang dicapai dari pra siklus adalah 72,50% dankemudian siklus I dengan persentase hasil belajar 76,50%, siklus II dengan persentase hasil belajar 85,25%, dan siklus III dengan persentase hasil belajar mencapai 89,25%. Peningkatan yang signifikan hasil belajar klasikal siswa pada mata pelajaran IPA telah dicapai dan memenuhi kreteria yang ditentukan. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti karena dapat digunakan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Trianto. 2010. Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif Konsep,

Landasan, dan Implementasi Pada

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran.

Mengembangkan

ProfesionalismeGuru. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni.

Teori Belajardan

Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ

MEDIA

Depdiknas Suyitno. 2002. Pembelajaran

IPA. Jakarta: Depdikbud.

Sanjaya.wina 2006.Strategi Pembelajaran

berorientasi standar proses

pendidikan.

Jakarta:Prenada Media Grup

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan

Siswa. Jakarta: Gaung Persada

PressJakarta.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Amat Jaedun. 2008. Prinsip-prinsip

Penelitian Tindakan. Makalah

Pelatihan PTK Bagi Guru Di

Propinsi DIY. Lembaga Penelitian

UNY




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.