PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUANMEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD

I Gede Toni Swarjana, Putu Subawa, I Ketut Ngurah Ardiawan

Sari


Penelitian ini bertolak dari kurang aktifnya kegiatan belajar siswa yang berdampakpada rendahya hasil belajar siswa kelas III Gugus VII SD Di Kecamatan SukasadaKabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021 pada muatan pembelajaran IPA.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model PembelajaranProblem Based learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA SiswaKelas III Gugus VII SD Di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran2020/2021. Penelitian eksperimen ini jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 154 orang yang merupakan siswa kelas III Gugus VII SD Di Kecamatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebanyak 33 siswa kelas IV SD Negeri 2 Selat terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara 30 siswa kelas IV SD Negeri 4 Selat terpilih sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA menggunakan metode tes (post test). Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil thitung 9,704 > ttabel = 0,254. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade, Ayu. Dkk. 2018. Pengaruh Model

Pembelajaran PBL Berbantuan

Media Gambar Terhadap Hasil

Belahar IPS Siswa Kelas III

Universitas Pendidikan Ganesha.

(Journal for Lesson and Learning

Studies, Vol, 1 No. 1)

Agung. 2014. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Malang: Aditya Media

Publishing. Afandi, dkk . 2013.

Model-model Pembelajaran.

Semarang: Sultan Agung Press.

Ahmad, Susanto. 2014. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar,

(Jakarta: Kencana PrenadaMedia

Group

Eta, I Wyn, dkk. 2014. Pengaruh Model

Problem Based Learning Berbantuan

Media Gambar Terhadap Hasil

Belajar IPA Siswa Kelas V Di

Gugus Belantih Kecamatan

Kintamani Tahun Pelajaran

/2014. Jurnal. Universitas

Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD

(Vol. 2 No, 1 Tahun 2014). e?Journal Mimbar PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha.

Hamalik, Oemar. 2014.Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Koyan. 2011.

Asesmen dalam Pendidikan.

Singaraja: Undiksha.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model

Pengajaran dan Pembelajaran :

Isu-isu Metodisdan Paradigmatis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotiroh, Afit & Erna. 2020. Penerapan

Model Pembelajaran PBLnu

Berbantuan Media Gambar Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Bercerita Dan Hasil Belajar Siswa

Dalam Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia Pada Siswa Kelas II Sdn

Karangmulya 01. Jurnal. Prosiding

Pendidikan Profesi Guru Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,

Universitas.

Saidah, Nur. 2019. Penerapan Model

Problem Based Learning Berbantuan

Media Problem Card Untuk

Meningkatan Kemampuan Berpikir

Logis Siswa Pada Tema 4 Kelas Iv

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

Di Sd 1 Gulang Kudus. Jurnal.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan Universitas Muria

Kudus.

Sulthon, 2016. Pembelajaran IPA

Yang Efektif Dan Menyenangkan

Bagi Siswa MI. Jurnal.

ELEMNTARY.

Vol 4 No 1. STAIN Kudus, Jawa

Tengah

Yew, Elaine. H.J. & Goh, Karen 2016.

Problem-Based Learning: An

Overview of its Processand Impact

on Learning. Health Professions

Education 2 (2016) 757




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.