PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, Muhamad.2007. Guru Dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algesindo.
Amien, M. Mengajarkan Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) dengan
Menggunakan Metode
Discovery Inquiry. Jakarta:
Depdikbud.
Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran
Berbasis Inkuiri Metode dan
Aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Arikunto,S. 2006. Metode Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,S. 2008. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi. 2007. Manajemen
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suhrsimi. 1999. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Cintiasih Tiara. 2020. Implementasi Model
Pembelajaran Daring Pada
MasaPandemic Covid-19 Di Kelas III
SD Ptq Annid Kota Salatiga Tahun
Pelajaran 2020. Fakultas Tarbivah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Salatiga.
Diah Kurniasih. 2014. Penerapan Model
Pembelajaran Inquiry untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV
Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Volume 1 Nomor 1 (2021)
SDN Mojowarno Kabupaten Rembang.
Skripsi (Tidak diterbitkan).
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Asan
Zain. 2015. Strategi Belajar
Mangeajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Djuanda, D. dan Maulana. 2015. Ragam
Model Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Bandung: UPI Sumedang
Press.
Drost, J. 1999. Proses Pembelajaran
Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT Gramedia. Ebbut. 1985. Penelitian
Tindakan Kelas. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Eni Fariyatul Fahyuni, Istikomah. 2016.
Psikologi Belajar dan Mengajar.
Sidoarjo: Nizania Learning Center.
Gronlund dan Linn. 1990. Macam-Macam
Tes Hasil Belajar. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Gulo,W. 2004. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Grasindo.
H Dahar,R.W. 1991. Teori-Teori Belajar.
Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamrumi. 2009. Strategi dan Model?Model Pembelajaran Aktif
Menyenangkan. Yogyakarta: Insta
Mandiri.
Hisyam Zaini. 2008. Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogykarta: Insan
Mandiri.
Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran
Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia
Utama.
Majid, Abdul dan Chaerul Rochman,
Pendekatan Ilmiah dalam
Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Notoatmodjo,S. 2010.
Metodologi Penelitian Kesehatan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana.1992.
Evauasi Hasil Belajar. Surabaya:
Usaha Nasional.
Parera, J.D. 1997. Linguistik
Edukasional: Metodologi
Pembelajaran Bahasa, Analisis
Konstratif, Analisis Kesalahan
Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Poerwanti, Endang. 2008. Asessmen
Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian
Kuantitatif.Putra, Sitiatava Rizema.
Desain Belajar Mengajar
Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Volume 1 Nomor 1 (2021)
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar
cet.V (hlm.76). Jakarta: PT Rhineka
Cipta.
Rohani HZ. 2012. Peningkatan Motivasi
dan Hasil Belajar IPA Melalui Model
Pembelajaran Inquiry Discovery
Learning Pada Siswa Kelas IV di SD
Negeri Kotesa Prambanan Klaten.
Skripsi (tidak diterbitkan).
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran
dengan Problem Based Learning Itu
Perlu. Bogor:Chalis Indonesia.
Sadikin, Ali. 2020. Pembelajaran Daring di
Tengah Wabah Covid-19. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Biologi Vol.06, N0.
(2020), (216). (diakses pada tanggal
Februari 2021).
Sanjaya, Wina. 2007. strategi
pembelajaran berorientasi standar
pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Media.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
PTRajagrafindo. Slameto. 1995.
Belajar dan Faktor Yang
Mempengaruhinya. Jakarta:
RinekaCipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhinya. Jakarta:
PTRineka Cipta. Sudjana, Nana. 1995.
Penilaian Hasil Proses Belajara
Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosda Karya.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar
Proses Belajar. Bandung:
Sinar BaruAlgesindo.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat
Konstruktivisme Dalam Pendidikan.
Yogyakarta: Kanisius.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar
Mengajar di Sekolah cet.1 (hlm.191-
. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Suyono. & Hariyanto. 2014. Belajar dan
Pembelajaran. Bandung :
RemajaRusdakarya.
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi
Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tim Depdiknas. 2001. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka. Wilda Nurrohma. 2012.
Peningkatan Motivasi belajar IPA
melalui Model Pembelajaran Inquiry
Based Learning Pada Siswa Kelas IV
SDN Tangkil 03 Sragen Tahun
Pelajaran 2012/2013. Skripsi (Tidak
diterbitkan).
Zaini,Hisyam dkk. 2008. Strategi
Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
Pustaka InsanMadani.
DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1733
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.