PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD

Ayu Sumarningsih, I Putu Gede Parmajaya, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita

Sari


Pembelajaran Pembelajaran Inquiry Discovery Learningsangat cocok denganimplementasi kurikulum 2013 karena penggunaan inquiry discovery learning akanmengubah paradigma dari kondisi belajar pasif menjadi belajar aktif dan kreatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 4 Medewi Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 17 orang. Untuk objek penelitian tindakan kelas yaitu motivasi dan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah 49.41, ratarata hasil belajar siswa adalah 75.88 dan daya serap siswa adalah 75.88% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 58,82%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I belum memenuhi target yang ditetapkan. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh bahwa rata-rata motivasi belajar siswa 56%, rata-rata hasil belajar siswa adalah 80.58, daya serap siswa adalah 80.58%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 76.47% yang berarti hasil belajar pada siklus II telah memenuhi target dan ketuntasan belajar telah mencapai target minimal yang telah ditetapkan.Hasil analisis data pada siklus III, didapatkan rata-rata motivasi belajar siswa adalah 65.82%, rata-rata hasil belajar siswa adalah 88,23 dan daya serap siswa adalah 88,23%. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori baik dan telah memenuhi target yang ditetapkan. Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 100% yang berarti ketuntasan belajar sudah memenuhi bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar sudah mencapai indikator penelitian yang ditetapkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Muhamad.2007. Guru Dalam Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algesindo.

Amien, M. Mengajarkan Ilmu

Pengetahuan Alam (IPA) dengan

Menggunakan Metode

Discovery Inquiry. Jakarta:

Depdikbud.

Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran

Berbasis Inkuiri Metode dan

Aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Arikunto,S. 2006. Metode Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto,S. 2008. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi. 2007. Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suhrsimi. 1999. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.

Jakarta: Rineka Cipta.

Cintiasih Tiara. 2020. Implementasi Model

Pembelajaran Daring Pada

MasaPandemic Covid-19 Di Kelas III

SD Ptq Annid Kota Salatiga Tahun

Pelajaran 2020. Fakultas Tarbivah dan

Ilmu Keguruan Institut Agama Islam

Negeri (IAIN) Salatiga.

Diah Kurniasih. 2014. Penerapan Model

Pembelajaran Inquiry untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

SDN Mojowarno Kabupaten Rembang.

Skripsi (Tidak diterbitkan).

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Asan

Zain. 2015. Strategi Belajar

Mangeajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik.

Jakarta : Rineka Cipta.

Djuanda, D. dan Maulana. 2015. Ragam

Model Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Bandung: UPI Sumedang

Press.

Drost, J. 1999. Proses Pembelajaran

Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:

PT Gramedia. Ebbut. 1985. Penelitian

Tindakan Kelas. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Eni Fariyatul Fahyuni, Istikomah. 2016.

Psikologi Belajar dan Mengajar.

Sidoarjo: Nizania Learning Center.

Gronlund dan Linn. 1990. Macam-Macam

Tes Hasil Belajar. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Gulo,W. 2004. Metodologi Penelitian.

Jakarta: Grasindo.

H Dahar,R.W. 1991. Teori-Teori Belajar.

Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamrumi. 2009. Strategi dan Model?Model Pembelajaran Aktif

Menyenangkan. Yogyakarta: Insta

Mandiri.

Hisyam Zaini. 2008. Strategi

Pembelajaran Aktif. Yogykarta: Insan

Mandiri.

Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran

Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia

Utama.

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman,

Pendekatan Ilmiah dalam

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi

Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Notoatmodjo,S. 2010.

Metodologi Penelitian Kesehatan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana.1992.

Evauasi Hasil Belajar. Surabaya:

Usaha Nasional.

Parera, J.D. 1997. Linguistik

Edukasional: Metodologi

Pembelajaran Bahasa, Analisis

Konstratif, Analisis Kesalahan

Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Poerwanti, Endang. 2008. Asessmen

Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian

Kuantitatif.Putra, Sitiatava Rizema.

Desain Belajar Mengajar

Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Volume 1 Nomor 1 (2021)

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar

cet.V (hlm.76). Jakarta: PT Rhineka

Cipta.

Rohani HZ. 2012. Peningkatan Motivasi

dan Hasil Belajar IPA Melalui Model

Pembelajaran Inquiry Discovery

Learning Pada Siswa Kelas IV di SD

Negeri Kotesa Prambanan Klaten.

Skripsi (tidak diterbitkan).

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran

dengan Problem Based Learning Itu

Perlu. Bogor:Chalis Indonesia.

Sadikin, Ali. 2020. Pembelajaran Daring di

Tengah Wabah Covid-19. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Biologi Vol.06, N0.

(2020), (216). (diakses pada tanggal

Februari 2021).

Sanjaya, Wina. 2007. strategi

pembelajaran berorientasi standar

pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada

Media.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

PTRajagrafindo. Slameto. 1995.

Belajar dan Faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta:

RinekaCipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

PTRineka Cipta. Sudjana, Nana. 1995.

Penilaian Hasil Proses Belajara

Mengajar. Bandung: PT Remaja

Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar

Proses Belajar. Bandung:

Sinar BaruAlgesindo.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat

Konstruktivisme Dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Kanisius.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar

Mengajar di Sekolah cet.1 (hlm.191-

. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Suyono. & Hariyanto. 2014. Belajar dan

Pembelajaran. Bandung :

RemajaRusdakarya.

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi

Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.

Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tim Depdiknas. 2001. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka. Wilda Nurrohma. 2012.

Peningkatan Motivasi belajar IPA

melalui Model Pembelajaran Inquiry

Based Learning Pada Siswa Kelas IV

SDN Tangkil 03 Sragen Tahun

Pelajaran 2012/2013. Skripsi (Tidak

diterbitkan).

Zaini,Hisyam dkk. 2008. Strategi

Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:

Pustaka InsanMadani.




DOI: https://doi.org/10.55115/wj.v1i1.1733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.