EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN PADA PASRAMAN NON FORMAL SEMARA RATIH DENGAN MODEL GOAL FREE EVALUATION

I Made Ari Winangun, Ni Wayan Sri Darmayanti

Sari


Pasraman non formal merupakan merupakan lembaga pendidikan yang memberikan program pendidikan dan pembelajaran serta kegiatan terstruktur lainnya berbasis agama Hindu. Tujuan evaluasi program ini, yaitu mendeskripsikan: (i) pengaruh positif sesuai tujuan yang dikehendaki; (ii) side-effect negatif yang tidak dikehendaki; dan (iii) side-effect positif di luar tujuan yang dikehendaki dalam proses pendidikan dan pembelajaran di Pasraman Non Formal Semara Ratih. Penelitian ini merupakan evaluasi program menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Goal Free Evaluation (GFE) yang bertujuan untuk mengevaluasi suatu program tanpa melihat tujuan program yang akan di evaluasi. Prosedur model GFE pada penelitian ini, yaitu: (i) analisis blueprint program; (ii) identifikasi tujuan evaluasi program; (iii) analisis kesesuaian pelaksanaan program; dan (iv) justifikasi pelaksanaan program. Sampel penelitian ini adalah program pendidikan dan pembelajaran pada Pasraman Non Formal Semara Ratih. Informan penelitian ini adalah pengelolan pasraman dan 20 orang sisya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuisioner, wawancara, observasi pembelajaran, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan triangulasi. Hasil evaluasi program menunjukkan bahwa program pendidikan dan pembelajaran pada Pasraman Non Formal Semara Ratih telah terlaksana dengan baik untuk mendukung tercapainya visi, misi, dan tujuan pasraman. Tiga efek relevan yang menjadi temuan dalam penelitian ini, yaitu: (i) efek positif program sesuai tujuan yang dikehendaki, yaitu meningkatkan pemahaman sisya sesuai program pendidikan dan mengembangkan nilai-nilai karakter; (ii) side-effect positif, yaitu meningkatkan kepedulian lingkungan, prestasi sisya, dan kualitas pembelajaran dimasa pandemi; dan (iii) side-effect negatif, yaitu banyaknya program menyebabkan alokasi waktu praktik atau latihan kesenian sedikit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Anggreni, P. (2018). Purna Jati Pasraman Position in Improving Hindu Religious Education on Young Hindu Generation in North Jakarta. Proceeding Book -International Seminar Bali Hinduism, Tradition and Interreligious Studies, 55, 53–58.

Bahri, S. A., Badawi, B., Hasan, M., Arifudin, O., Fitriana, I. P. A. D., Arfah, A., Rambe, P., Saputri, A. N. C., Lestariningrum, A. I. P., Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis (Vol. 1).

Basyar, S. (2020). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(1).

Bontot, I. N., & Widnyana, I. W. (2021). Kewirausahaan Berbasis Spiritual Hindu di Bali. JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 29–41.

PMA RI No. 56, 1 (2014). tentang Pendidikan Keagamaan Hindu

Kowang, T. O., Apandi, S. Z. B. A., Hee, O. C., Fei, G. C., Saadon, M. S. I., & Othman, M. R. (2021). Undergraduates entrepreneurial intention: Holistic determinants matter. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 57–64. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20733

Mastra, I. W., & Adnyana, I. B. G. B. (2020). Peran Lingkungan Membentuk Generasi Muda Cerdas, Berkualitas dan Berbudi Pekerti Luhur. Widyadari, 21(1), 264–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3756913

Oktaviani, P. N., & Sudarsana, I. K. (2022). The Educational Management of Pasraman Shanti Yadnya in Strengthening The Character of The Young Hindu Generation. Vidyottama Sanatana, 6(1), 105–117. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803

Rustiarini, N. W., Mahaputra, I. N. K. A., Sudiana, I. M., & Anggraini, N. P. N. (2020). Program Kewirausahaan Pembuatan Hiasan Penjor: Pemberdayaan Ibu PKK Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 9(2), 458–467. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5520

Segara, N. Y., Budiawan, I. K., & Widhiata, I. P. J. (2015). Analisis Hubungan Persepsi terhadap Keluarnya Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 dengan Tingkat Kesiapan Pengelola Pasraman, Masyarakat, dan Pemerintah.

Seikkula-Leino, J., & Salomaa, M. (2021). Bridging the research gap—a framework for assessing entrepreneurial competencies based on self-esteem and self-efficacy. Education Sciences, 11(10). https://doi.org/10.3390/educsci11100572

Song, S. I., Thominathan, S., & Khalid, N. A. (2021). Entrepreneurial Intention of UiTM Students and the Mediating Role of Entrepreneurship Education. Asian Journal of University Education, 17(2), 236–251. https://doi.org/10.24191/AJUE.V17I2.13405

Subagia, I. W., Wiratma, I. G. L., & Selamat, I. N. (2019). Pengembangan Pusat Belajar Agama Hindu untuk Meningkatkan Sradha Bhakti Masyarakat Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prosiding SENADIMAS Ke-4, 598–605.

Sudarsana, I. K. (2016). Development Model of Pasraman Kilat Learning To Improve the Spiritual Values of Hindu Youth. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(2), 217. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v4i2.99

Sunietan, S., & Santamoko, R. (2021). Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran. Journal of Social Science and Digital Marketing (JSSDM), 1(1), 34–44. https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jssdm/article/view/55

Suwarsini, M. S., Natajaya, I. N., & Dantes, K. R. (2015). Analisis Implementasi Program Pasraman Sekolah Ajeg Bali di SMP N 1 AMlapura Tahun 2014/2015. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–12.

Wardani, H. K., Darusuprapti, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar ( Scriven Model , Tyler Model , dan Goal Free Evaluation ). Jurnal Pendidikan, 6(1), 36–49.

Winanti, N. P. (2021). Pasraman Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Budaya Dan Spiritual. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.37329/jpah.v5i2.1277

Youker, B. W. (2013). Goal-free evaluation: A potential model for the evaluation of social work programs. Social Work Research, 37(4), 432–438. https://doi.org/10.1093/swr/svt032

Youker, B. W., Ford, K., & Bayer, N. (2017). Dismissing the goals: A comparison of four goal-dismissive goal-free evaluations. Evaluation and Program Planning, 64(May), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2017.05.007

Youker, B. W., Ingraham, A., & Bayer, N. (2014). An assessment of goal-free evaluation: Case studies of four goal-free evaluations. Evaluation and Program Planning, 46, 10–16. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2014.05.002




DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.4503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.