MANAJEMEN PENGELOLAAN PENDIDIKAN PADA YAYASAN DHARMA LAKSANA

Ni Luh Eka Yuli Anggreni, Siti Zaenab, Ni Luh Sinar Ayu Ratna Dewi

Sari


Manajemen menjadi unsur yang sangat menentukan kemajuan dunia pendidikan untuk membantu generasi muda mampu bersaing di era perubahan dan kemajuan teknologi informasi, sosial budaya dan ekonomi Pengelolaan pendidikan dengan penerapan yang mudah dan bermanfaat serta manajemen yang baik dapat membiasakan penerapan konsep secara terstruktur, tepat dan produktif. Lokasi penelitian adalah di Yayasan Dharma Laksana karena yayasan ini menjadi satu-satunya yayasan Hindu di Kota Mataram yang keberadaanya masih eksis sampai sekarang dalam mengahadapi tantangan perkembangan serta perubahan zaman yang semakin cepat, dengan tujuan penelitian agar dapat mengetahui dan menganalisis lebih mendalam mengenai manajemen pengelolaan pendidikan sekolah Hindu, strategi apa yang digunakan dalam pengelolaan pendidikan dan bagaimana implikasi manajemen pengelolaan pada Yayasan Dharma Laksana Kota Mataram. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan prilaku yaitu menggabungkan antara hubungan sosial dengan struktur dalam manajemen pengelolaan pendidikan. Untuk mempertajam analisanya, dipergunakan sejumlah teori, yaitu teori manajemen pendidikan, teori strategi dan teori struktural fungsional. Manajemen pengelolaan pendidikan pada Yayasan Dharma Laksana dilihat dari pengelolaan kurikulum mengikuti kurikulum nasional dan menerapkan pengelolaan yang bersifat kooperatif, efektif dan efisien, pengelolaan sumber daya manusia untuk saat ini secara kuantitas memang tidak banyak tetapi secara kualitas mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan dan proses pembelajaran, pengelolaan keuangan dilakukan oleh masing-masing jenjang pada unit pendidkan,, dan pengelolaan sarana prasaran yang semakin lebih baik terlihat dari penataan secara signifikan dan bertambahnya fasilitas pendidikan yang mendukung keberlangsungan pembelajaran serta bertambah luasnya lahan yang dimiliki oleh Yayasan Dharma Laksana.2) Strategi pengelolaan pendidikan pada Yayasan Dharma Laksana adalah menerapkan startegi terbuka dengan cara melakukan kerjasama atau melibatkan banyak pihak, mencari relasi atau donatur melalui sosialisasi dan memanfaatkan sosial media dengan, 3) Implikasi pengurus adalah menjadi wadah dalam memanajamen pengelolaan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yang ada dan membantu para alumni untuk lebih mudah dalam mendapatkan lapangan pekerjaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta

Ara, H., & Imam, M. (2010). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). In Digital Library, Uin Sunan Gunung Djati. https://etheses.uinsgd.ac.id/30324/

Christian, A. J. (2020). Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Guna Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Yang Terdampak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Https://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/3737/,13–44.

Deming, W. E., Philip, B., & Juran, M. (n.d.). Manajemen Kualitas: Produk dan Jasa. 1–13.

Diana, N. (2022). Peran Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mi Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyyah 1 Kesugihan http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/13318

Eka, S. N. A., & Laili, L. M. (2022). Strategi dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 90–101.

Hadi Laksono, Iim Wasliman, E. D. (2023). Manajemen Pembiayaan Ketua Yayasan Pendidikan Islam Dalam Memperluas Akses Kelembagaan. Memperluas, Dalam Kelembagaan, Akses, 278–291.

Hani Handoko, Hamdy Hadi, Ketut Rahyuda, I. K. G. B. (2017). manajemen.pdf (Volume 15 ). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia.

Harahap, S. A., & Tanika, G. (2022). Manajemen Yayasan Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1),16–26.http://ejournal.stitalkifayahriau.ac.id/index.php/alkifayah/article/view/122

Hartati Rismauli, N. U. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer M. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Hidayat, R. (2017). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: Rajagrafindo Press.

I Nyoman Arjana Arta, Yetrie Ludang, & Kusnida Indrajaya. (2022). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pasraman Widya Bakti di Yayasan Pura Pitamaha Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4281

I Wayan Suartina, S. M. (2020). Manajemen Hindu (M. F. . Ida Bagus Putu Eka Suadnyana, SH.H. (Ed.)). UNHI Press.

Kadjeng, N. (2003). Sarasamuscaya Dengan teks Bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno. Pustaka Mitra Jaya.

Naway, F. A. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran. In Ideas Publishing.

Nurhayati, N., & Imron Rosadi, K. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047

Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.9776

Sianturi, R., Aini, N., Surya, K. S., & Khaerunnisa, G. (2022). Konsep Standar dan Ruang Lingkup Pengelolaan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 54–64.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/14392/7809

Sumarni, M.Si, S. (2018). Peran Dan Fungsi Yayasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 218–231. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.490

Sutrianti, N. K. (2019). Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli Provinsi Bali. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2), 41–53. https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.351

Tanika, G. (2021). Manajemen yayasan pendidikan islam dalam pengembangan sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah kecamatan tanah merah - inhil.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.4375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.