ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 008 PALEMBANG

Riski Audrilia, , Misdalina, Hermansyah .

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri 008 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Objek penelitian ini menganalisis minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri 008 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 008 Palembang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kondisi dalam diri siswa seperti minat belajar siswa yang masih belum termotivasi dan tidak ada semangat dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi dari luar diri siswa seperti metode, media dan materi pembelajaran yang diberikan guru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press

Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anzar, S. F. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun 2015/2016. Bina Gogik, 4(1), 53-64.

Audina, F., & Aini, P. R. (2022). Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(2), 157-165.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2022). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta:Teras

Fitriani, N. H., & Nadya, Huda. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Banjarmasin. Jurnal Pahlawan, 18 (1), 65-69.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 65 Kota Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Jurnal UNP, 5(1), 2175-2182.

Kartika. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-52.

Kumari, W. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Minat Belajar Buddha-Dharma Muda-Mudi Vihara. Surabaya: Insan Cendekia Mandiri.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-31.

Mutmainnah, K. Q., Hermansyah., & Marleni. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD, 4(4), 352-358.

Prihatiningsih. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 12-19.

Ramadhani. (2018). Penggunaan Media dan Teknologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 199-207.

Rokhman. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 120-129.

Sanjaya, Heti., Misdalina., & Ida Suryani. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sunggutan, 5(3), 7674-7682

Satori, D., & Aan Komariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sutina, B. Y., Makki, M., & Safruddin. (2022). Analisis Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1973-1978.

Villa, M. h.-A., Ainol, & Zairozie, A. Z. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3735-3740.

Wijaya. (2017). Minat Belajar Siswa dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di Kelas SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 212-225.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.3394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.