PENGARUH MEDIA PAPAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN KELAS III DI SD NEGERI 91 PALEMBANG

Fitri Nopita Sari, Misdalina ,, Hermansyah .

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media papan gambar terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal pecahan Kelas III di SD Negeri 91 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequaivalent Control Group Desain. Sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 50 siswa, diambil dengan teknik Nonprobability Sampling. Metode pengumpulan datanya yaitu melalui observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan peneliti dalam soal prettest kelas eksperimen adalah 63,4, sedangkan nilai rata-rata dari soal prettest kelas kontrol adalah 67 dan hasil posttest untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83,4 sedangkan untuk kelas kontrol nilai yang didapat peneliti dengan rata-rata 81,6. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan Uji-t dua tidak bebas  (Independent  Sampel T-Test dan diperoleh thitung = 1,700 dan nilai ttabel = 1,708 dengan a = 0,05, maka thitung < ttabel, dapat disimpulkan bahwasanya ada pengaruh media papan gambar terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal pecahan kelas III di SD Negeri 91 Palembang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda, R. (2018). STATISTIK PENDIDIKAN. Medan: CV.Widya Puspita.

Anwar, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Papan Gambar Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Pecahan Kelas SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 45-52.

Amanda Niagara, R. W. (2022). Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk meningkatkan Kemampuan pemahaman Konsep Pecahan Pada Peserta DidikKelas IIISd. Jurnal Ilmiah PGSD FKIp Universitas Mandiri, Volume 08N(ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online:2614-722X).

Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S. M., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD.

Fitriani, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Gambar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 120-129.

Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan Dan Teori - Teori Pendidikan.

Handayani, N. F. (2019). Pengaruh Media Papan Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balanga. 4(2), 37–45.

Isro’il, A., & Supriyanto. (2020). Berpikir Dan Kemampuan Matematika. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69).

Nurdiyansyah. (2020). Media Pembelajaran Inovatif (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Pratiwi, N., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Papan Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 199-207.

Putriany, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Blok Pecahan Terhadap Pemahaman KOnsep Pecahan Siswa Kelas III SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. 3.

Ritno, R., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129.

Sari, D. A., & Rahayu, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Papan Gambar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 12-19.

Seftyani, Siti Hawa, N. U. (2017). Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Sd Negeri 11 Indralaya. 4(1), 57–59.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif,dan R&d.

Susanto, B. (2020). Media Papan Gambar Dalam Pembelajaran Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 212-225.

Syofian Siregar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS.

Yuniati, S. (2019). Pembelajaran Pecahan. Book, 31.

Yolanda, K.,& Misdalina.(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konsling , 4 No(4) (Vol. VIII 186- 195).

Yulia,& Hermansyah,. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa KelasIV. Journal On Teacher Education, (Vol. 3.No 3).

Zulharira, Fauzi, & Nurmasyitah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Penjumlahan Pecahan Dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh Selatan. Jurnal Ilimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.3393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.