PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II
Sari
Berdasarkan penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga Geoboard terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 6 Penukal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes soal berupa uraian 10 soal essay huruf tegak bersambung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pretest (tes awal) dikelas ekperimen pengetahuan siswa memiliki nilai rata-rata 64,38 dengan kategori kurang setelah diberikan perlakuan menggunakan alat peraga papan berpaku dengan bantuan metode demonstrasi. Hasil tes akhir (posttest) dikelas ekperimen menunjukkan nilai rata-rata 83,09 dengan kategori sangat baik dan mengalami peningkatan. Diperoleh thitung 5,456 dan ttabel 2,021dengan taraf signifikan α =0,05, (thitung 5,456 > ttabel 2,021) sesuia dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh penggunaan alat peraga Geoboard terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anwar, & Nurmina . (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5..
Astiti , N. D., Mahadewi , L. P., & Suarjana , I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26.
Ayurachmawati, P., Syaflin, S. L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Pada Muatan Materi IPA di SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 941-949.
Ellissi, W. (2021). Alat Peraga Matematika Sederhana. Bandung : Media Sains Indonesia .
Firdayanti, L. (2019). Penggunaan Model ELPSA Dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8, 134.
Hamid , M. A., Ramadhani , R., Juliana , M., Jamaludin , M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Harlina Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Bindo Sastra, 4, 67.
Kandow , T., Dengo , S., & Mambo , R. (2021). Strategi Dinas Perpustakaan Daerah Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Administrasi Publik, VII.
Khudriyah. (2021). Metodologi Penelitian dan Stastistika Pendidikan. Jatim : Madani.
Kudobo , E. (2020, Desember). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Abjad Dengan Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6, 764-766.
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017, April ). PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN KARAKTER ILMIAH DENGAN ALAT PERAGA BARANG BEKASDAN ASESMEN KINERJA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 50.
Novita , T., Destiniar, & Sunedi . (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV. Journal On Teacher Education, 4.
Novita , Tiara ; , Destiar ; , Sunedi ;. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Bangun Datar. Journal On Teacher Education , 4, 280.
Nurmina , & Anwar . (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningktan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5.
Pratiwi , D. N., Asri, I. A., & Kristiantari , M. R. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar. International Journal Of Elemantary Education, 2.
Reza, S. W., & Masniladevi . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV SDN 08 Nan Limo Mudiak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Sabil, H., Asrial , Syahrial, Robiansyah, M. A., Zulkhi, M. D., Damaiyanti, L., et al. (2021). Online Geoboard Media Improves Understending Of Two Dimensional Flat Shape Concepts In Elementery School Student. International Journal Of Elementary Education, 5.
Salawati , B. J., & South , L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pemulaan. International Journal Of Elemantary Education, 4.
Septiani, N., Syaflin, S. L., & Akbar, M. T. (2022). Analisis kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD Negeri 79 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 122-128.
Sugiyono . (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta .
Suminah , Gunawan , I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavior Modificaton. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3.
Syafruddin . (2020, Desember ). Analisis Kreativitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi. Jurnal Pendidikan MIPA(10), 112.
DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.3381
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.