HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 28 PEMULUTAN
Sari
Prestasi belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik dengan melakukan usaha secara maksimal yang dilakukan oleh seseorang setelah melakukan usaha-usaha belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 28 Pemulutan. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji signifikansi dan uji pearson product moment. Subyek penelitian adalah kelas IV di SD Negeri 28 Pemulutan, dengan teknik pengambilam sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian diperoleh setelah menggunakan uji signifikansi di SD Negeri 28 Pemulutan diketahui bahwa nilai signifikansi ≤ 0,05 yang artinya ada hubungan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 28 Pemulutan dan memiliki tingkat hubungan yang termasuk dalam kategori “Cukup Kuat”.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anisah, A. S., & Syafitra, Z. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astutik, E. T. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Mobilitas Penduduk Antar Wilayah di Indonesia Pada Siswa Kelas VII E.
Haryanti, S. (2021). Pengantar Statistika I. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL. 2.
Heraeti, E., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 77 Palembang. 137.
Hikmatunnaszilah, Sinta, V., & Ramadani, R. (2022). Pengaruh model CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap dan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Terpadu PONDOK PESANTREN NURUL HUDA. 17.
Idris, M. (2021). Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan.
Idris, M., Pahrir, Y. P., & Ramadhani, E. (2022). Analisis Sumber Pembelajaran Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. 119.
Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 6.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. 2.
Mukhid, A. (2021). Metodelogi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Ningrum, P., & Rahmawati, R. D. (2021). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Dalam Pembelajaran Darling. 43.
Rahmawati, & Ledi. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Matematika, 103.
Ramadani, D. F., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Number Head Togetherterhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Tanjung Raja.
Ramadhan, M. (2021). Metodelogi Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Ratumanan, S. D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 11.
Rosyid, Z. M., Mustajab, & Abdullah, R. A. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P., Fau, A., Fau, Y. T., Bago, A. S., . . . Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu.
Sulfemi, W. B., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media. 74.
Syahfitri, R., Kusumawati, T. I., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. 1081.
DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v8i1.3346
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.