PERAN ILUSTRASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Hindasah, Warlli Haryana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti buku ilustrasi dalam menarik perhatian dan meningkatkan minat baca pada anak. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melewati proses kajian pustaka. Minat baca dapat berpengaruh besar terhadap kesuksesan anak, sehingga perlu ditumbuhkan sejak kanak-kanak, tetapi permasalahan di zaman sekarang adakalanya anak malas untuk membaca dan lebih memilih handphone daripada buku yang biasanya penuh dengan tulisan dan terkesan kurang menarik bagi mereka. Tentu saja peran orang tua dan guru sangatlah besar. Mereka harus semakin aktif untuk terus mendorong dan membimbing anak agar gemar untuk membaca. Oleh karena itu, dengan adanya ilustrasi pada buku ini memungkinkan dapat menarik perhatian anak dengan buku dan hal ini menjadi salah satu titik terang untuk meningkatkan minat baca. Implikasi dari penelitian ini, yaitu diharapkan mampu menambah pengetahuan terhadap buku ilustrasi yang dapat menarik dan meningkatkan minat baca pada anak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Elviani, D. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Muridkelas Ii Sd Inpres Paccinongang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Gumita, D. S. M. (2018). Pengaruh Media Big Book Terhadap Perkembangan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Arrusydah I Kedaton Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Rachman, E. F., & Paksi, H. P. (2020). Pengembangan Media Pop- Up Book Pena Raka dalam Penanaman Moral Dan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(6).

Rahmadani, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Dan Media Big Book. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2, 1–15.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275




DOI: https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i1.2190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.