PERAN PUBLIC RELATION PEMERINTAH DAERAH BALI DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA BALI

Putu Welding Audry

Sari


Pariwisata adalah industri yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang baik bagi pembangunan nasional. Public relation pemerintah adalah salah satu bagian khusus yang menjalankan fungsi manajemen untuk membangun atau meningkatkan dan mempertahankan hubungan yang baik dalam kebijakan publik guna Peran Public Relation Pemerintah Daerah Bali(Putu Welding Audry, Hal. 92-99) 93 memperoleh kepercayaan, kerjasama dan dukungan dari pihak internal maupun eksternal. Public relation yang berperan dalam kominukasi dengan publik dan membangun relasai yang baik, menghindari kesalahpahaman dan sekaligus membangun citra baik di suatu destinasi pariwisata. Strategi komunikasi public relation pemerintahan daerah bali dalam meningkatkan pariwisata Bali yaitu dengan melakukan promosi, mengadakan suatu festival di masing-masing daerah di Bali yang di adakan setahun sekali. Citra merupakan suatu hal yang sangat penting, dimana citra sangat berpengaruh pada perkembangan suatu destunasi pariwisata dimasa yang akan datang. Citra di suatu destinasi merupakan suatu atribut pariwisata yang biasanya dikaitkan dengan pendapat dari wisatawan. Peran public relation pemerintah daerah bali dalam membentuk citra daerah tujuan wisata di bali adalah harus dikelola secara professional (Arini & Paramita, 2020). Media sosial sangat efektif digunakan untuk media promosi, karena sebagai faktor-faktor pendorong penggunaan media sosial terhadap intensi perilaku traveler Bali maupun Indonesia. Untuk mencapai tujuan dari pariwisata, penyampaian karakteristik pesan melalui sosial media sangat berperan penting dalam membentuk kepercayaan terhadap informasi yang dapat diberikan. Dalam konteks pemenuhan informasi bagi traveler, maka kualitas argumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motif pencarian informasi. Faktor penting dalam pencarian informasi para traveler adalah kredibilitas sumber selain kualitas argumen. Dapat dilihat pemanfaatan Media Sosial Facebook dan Instagram untuk mempromosikan Pariwisata Bali dilakukan oleh individu maupun kelompok sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam peningkatan potensi pariwisata. Merekomendasikan kepada pemerintah untuk lebih aktif menggunakan media sosial dengan berkolaborasi dengan brand ambassador yaitu public figur dengan memiliki kemampuan serta pengaruh yang baik sehingga dapat meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap destinasi wisata Indonesia. Kunci : Pariwisata, Pulic Relation, Komunikasi, Citra dan Media Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdila, R. (2020, Juni 10). Kemenparekraf Genjot Promosi Pariwisata Bali Ke Pasar India.

Diambil Kembali Dari Tribunnews.Com:

Https://Www.Tribunnews.Com/Bisnis/2020/06/10/Kemenparekraf-GenjotPromosi-Pariwisata-Bali-Ke-Pasar-India

Ambarwati, K. (2009). Strategi Public Relations Dalam Mengembangkan Potensi Objek

Wisata.Peran Public Relation Pemerintah Daerah Bali(Putu Welding Audry, Hal. 92-99)

Arini, I. A., & Paramita, I. B. (2020). Ekspektasi, Realisasi Dan Negosiasi Tourism Reborn

Di Masa Pandemi Dalam Pariwisata Bali. Cultoure, 101-112.

Asdhiana, I. M. (2016, Mei 11). Diambil Kembali Dari "Bali Go Live" Cara Bali Promosikan

Pariwisata Lewat Digital:

Https://Travel.Kompas.Com/Read/2016/05/11/062400227/.Bali.Go.Live.Cara.%

bali.Promosikan.Pariwisata.Lewat.Digital

Bali, R. (2020, November 01). Gencar Promosi Wisata Bali Via Digital, Kunjungan Turis Masih

Landai. Diambil Kembali Dari Radarbali.Jawapos.Com:

Https://Radarbali.Jawapos.Com/Read/2020/11/01/222175/Gencar-PromosiWisata-Bali-Via-Digital-Kunjungan-Turis-Masih-Landai

Hutapea, R. (2019, April 27). Diambil Kembali Dari Sosial Media Efektif Sebagai Media

Promosi Pariwisata: Https://Www.Indonesiana.Id/Read/123366/Sosial-MediaEfektif-Sebagai-Media-Promosi-Pariwisata

Mariani, N. W. (2018). Upaya Promosi Potensi Wisata Kota Denpasar Berbasis Media

Sosial.

Oktaviani, F. (2018). Strategi Public Relations Dalam Mengembangkan Potensi Objek

Wisata. Strategi Public Relations Dalam Mengembangkan.

Paramita, I. B. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19.

Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 57-65.

Paramita, I. B., & Marini, N. N. (2020). Stereotip Etnis Tionghoa Di Banjar Sandakan, Desa

Sulangai, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Maha Widya Duta, 81-89.

Pratama, B. S. (2018). Peran Public Relation Dalam Membangun Citra Kota.

Putra, K. D. (2008). Strategi Public Relations. Ilmu Komunikasi.

Sudiarta, I. N. (2012). Membangun Citra (Destinasi) Pariwisata




DOI: https://doi.org/10.55115/sista.v1i1.1450

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.