PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SENI KEAGAMAAN HINDU: REFLEKSI ETNOPEDAGOGI
Sari
Pendidikan seni keagamaan Hindu refleksi etnopedagogi adalah topik yang kompleks. Ini mengacu pada pendidikan seni yang berfokus pada agama Hindu dengan pendekatan etnopedagogi. Etnopedagogi adalah pendekatan pendidikan yang mempertimbangkan budaya dan konteks sosial dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini mungkin melibatkan pembelajaran seni Hindu yang mencerminkan nilai-nilai, tradisi, dan praktik dalam masyarakat Hindu secara lebih luas. Ini dapat menjadi cara yang baik untuk memahami dan menghormati warisan budaya dan agama Hindu melalui seni. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif, agar pendekatan dan kajian dapat dilakukan dengan lebih dalam yang diulas berdasarkan pengalaman dan sumber bacaan. Temuan dari kajian ini adalah berkaitan dengan cerminan integrasi nilai-nilai budaya dan spiritual Hindu ke dalam pembelajaran seni. Ini dapat menghasilkan berbagai hasil yang positif, seperti, Pemahaman yang Lebih Mendalam tentang Hinduisme, Pengembangan Kualitas Karakter, Refleksi dan Kontemplasi, Penghargaan terhadap Seni dan Kreativitas, Etika dan Moralitas, Toleransi dan Keberagaman, Kepedulian Sosial. Pendidikan karakter dalam seni keagamaan Hindu dengan pendekatan etnopedagogi tidak hanya membantu siswa memahami warisan budaya dan spiritual Hindu, tetapi juga membantu mereka mengembangkan karakter yang kuat dan penuh makna. Hal ini mencerminkan nilai-nilai positif dalam masyarakat Hindu yang dapat membantu membentuk individu yang lebih baik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ambarwangi, S. &. (2013). Pendidikan Multikultural di Sekolah Melalui Pendidikan Seni Tradisi. . Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 13(1).
Annur, Y. F. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. (2021, June). . In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana . Palembang.: Universitas PGRI
Creswell, J. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campura. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. . Jurnal pendidikan karakter, 4(3).
Heriyanti, K. &. (2021). Memahami Teologi Hindu Dalam Konteks Budaya. SWARA WIDYA: Jurnal Agama Hindu, 1(1).
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Ujung Berung.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Ka- rakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT. Pusaka Insan Madani.
Murtana, I. N. (2011). Afiliasi Ritus Agama dan Seni Ritual Hindu Membangun Kesatuan Kosmis. Mudra Jurnal Seni Budaya, 26(1), , 61-69.
Muzakkir, M. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 28-39 .
Ratna, I. &. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohidi, T. R. (2014). Pendidikan Seni Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sugandhi, I. G. (2005). Seni (Rupa) Bali Hindu Dalam Perspektif Epistemologi Brahma Widya. Ornamen, 2(1).
Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 480-487. .
Winyana, I. N. (2019). Peluang Dan Tantangan Komputerisasi Dalam Pendidikan Seni Keagamaan Hindu. In Prosiding Seminar Nasional . Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.