PENGELOLAAN SANGGAR PARIPURNA: PERSPEKTIF MANAJEMEN PEMASARAN
Sari
Artikel ini membahas pentingnya menerapkan konsep manajemen pemasaran dalam pengelolaan sanggar seni. Dalam konteks seni dan budaya, manajemen pemasaran menjadi elemen kunci untuk mempromosikan seni, mencapai target audiens, dan menjaga kelangsungan sanggar seni. Artikel ini mengulas berbagai aspek manajemen pemasaran, termasuk identifikasi pasar, pengembangan strategi pemasaran, branding, pemasaran digital, dan pengukuran hasil. Selain itu, artikel ini juga menggarisbawahi peran penting kerja sama dengan komunitas seni, sponsor, dan media dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan sanggar seni. Dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen pemasaran, sanggar seni dapat mengoptimalkan visibilitas mereka, memperluas jangkauan, dan menghasilkan dampak positif dalam dunia seni dan budaya. Data-data dalam artikel ini dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan narasumber yang dipilih secara porpusive sampling, dan studi kepustakaan. Hasilnya menunjukan bahwa bahwa Sanggar Seni Petak Cemeng sudah melakukan analisis Segmentasi, Target, Posisi, Diferensiasi (STPD), Place Price, Produk (3p). Sanggar Paripurna promosi melalui kegiatan ngayah dan tatap muka secara langsung. biasanya setelah kegiatan ngayah tersebut langsung banyak orang yang bertanya tentang pelatihnya, lokasi latihan, dan sistem latihan.
Kata Kunci: Manajemen Seni, Pemasaran, Sanggar Seni,
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juwita, I. A. E. R. (2015). STRATEGI PEMASARAN MUSEUM WAYANG KEKAYON YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. Tata Kelola Seni, 1(1), 60–74.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran Edisi ke-13.
Kotler P, & Armstrong. (2014). Kotler_Principles of marketing 9th edition: Vol. 9th Ediition.
Malik, N., Pramuja, R. A., & Arifin, Z. (2020). PENINGKATAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL SENI RUPA TOPENG MALANGAN. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11135
Novianto, W., Murtono, T., & Huda, T. (2022). PEMASARAN SENI PERTUNJUKAN RAKYAT DI INDONESIA MELALUI PLATFORM DIGITAL SENIPEDIA.COM. Acintya, 14(2).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.