EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA TRANSISI VANDEMI (STUDI KASUS MAHASISWA STAHN MPU KUTURAN SINGARAJA)

I Putu Suardipa, Kadek Hengki Primayana

Sari


ABSTRAK

Penyebaran COVID-19 yang sangat pesat, membuat Indonesia mengambil kebijakan khusus terkait pendidikan.Salah satu upaya yang dilakukan dengan di keluarkannya kebijakan pembelajaran secara daring dalam mencegah penyebaran COVID-19. Perlunya penguasaann teknologi harus dilakukan untuk memaksimalkan konten pembelajaran daring. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi dosen dan mahasiswa agar dapat memenuhi tujuan pembelajaran perkuliahan. Faktanya, dalam kegiatan pembelajaran daring khususnya di STAHN Mpu Kuturan Singaraja Prodi PGSD sendiri pada mahasiswa, tidak semua mahasiswa memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap perkuliahan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 133 mahasiswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan google form. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan layanan perkuliahan selama masa tanggap darurat covid 19 yaitu 79,7%. Mahasiswa memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran daring sebanyak 71,4 %, dengan interaksi dosen dan mahasiswa sebesar 60,9% berkatagori baik. Meskipun demikian, sebagian besar mahasiswa juga mengeluhkan bahwa mereka sering terkendala signal internet dan jaringan sinyal yang baik, banyak tugas yang diberikan oleh dosen, dan kesulitan memahami materi pembelajaran, dan sulit fokus dalam pembelajaran.

Kata kunci: pembelajaran daring, covid-19, Studi Kasus, Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Sadikin & Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2):21424.

Andriati, 2001. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi di Jawa dalam Memilih Karir sebagai Akuntan Publik. Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi, Vol. 2, No.1, April, Hal 66-90.

Dahlan, M.S. 2016. Besar Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan. Kesehatan. Jakarta : Epidemiologi Indonesia.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda

Hanafy, Muhammad Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal lentera Pendidikan. Vol. 17 No 1 Hal :68.

Kartika Sari, 2020. Sosialisasi Tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4 (1), 80-83

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Diakses dari https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV- 05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf, pada 3 November 2020.

Maulana, Amar. 2020. Cara Mudah Berdamai dengan Diri Sendiri. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Nabila Hilmi Zhafira et al (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkualiahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4 (1)

Pragholapati, A. 2020. Resiliensi pada Kondisi Wabah COVID-19.

Academia.edu, 1.

Pratiwi, I. W. 2020. Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. JP3SDM, 9 (2), 3045.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi , C., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), 1-12.

World Health Organization (WHO). 2020. Tata Laksana Klinik Infeksi Saluran Peranasan Akut Berat (SARI) suspek penyakit COVID-19. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/tatalaksana-klinis-suspek-penyakit-covid-1935867f18642845f1a1b8fa0a0081efcb.pdf?sfvrsn=abae3a22_2 Di akses pada tanggal 24 Juli 2021.

Zainal Abidin et al 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (1)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.