Kontribusi Pemahaman Ajaran Tri Hita Karana dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja
Sari
For the government, schools, teachers and academic practitioners in both the Province and the Regency/City, so that they can go to schools to provide an overview of the Contribution of Understanding Tri Hita Karana's Teachings and Work Climate on Teacher Performance at SMK Negeri 2 Singaraja. and can then be used as the basis for fostering and developing teacher performance in schools, so that school performance can increase according to the expectations of various parties.
Keywords: School, Tri Hita Karana, Work Climate, Teacher Performance
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Admin , 2018. Pengertian dan definisi iklim kerja menurut para ahli. Tersedia Pada https://jagoteori.com/pengertian-dan definisi-iklim-kerja-menurutpara-ahli/. Diaskes 4 Mei 2020.
Aiana Mulyana, 2018. Pengertian kinerja guru. Tersedia pada https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/kinerja-guru_11.html. Diakses 9 Mei 2020.
Agung, A.A. Gede, & Sudiarta, Putu I Gusti. 2017. Developing School Management Model Based on Balinese Local Wisdom. Tersedia pada Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 134. 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). Diakses 21 Januari 2018.
Ainamulya, 2012. Teori belajar konstruktivistik. Tersedia pada http://ainamulyana.blogspot.com/2012/08/t eori-belkonstruktivistik.html. Diakses 27 Mei2020.
Andinimarta, 2013. Konstruksionisme sosial. Tersedia pada https://strategikomunikasi.blogspot.com/2013/06/konstruksionismesosial.html?m=1. Diakses 22 Mei 2020.
Binus University, 2019. Teori konstruktivisme dan behaviorisme dalam Perancangan elearning.Tersedia pada https://binus.ac.id/knowledge/2019/07/teor i-konstruktivisme-danbehaviorisme-dalam-perancangan-elearning/. Diakses 26 Mei 2020.
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi: Aplikasi ITEMEN dan BIOSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Dwi Restuwanty, 2009. Dampak perilaku religious dalam pembentukan etika siswa. Tersedia pada http://dwirestuwanty.blogspot.com/2009/0 5/dampakperilaku-religius-dalam.html. Diakses 6 Mei 2020.
Freddy Widya Ariesta. 2019. Peran pendidikan agama dan moral dalam pendidikan di Indonesia. Tersedia pada https://pgsd.binus.ac.id/2019/04/16/peran- pendidikan-agama-dan-moraldalam- pendidikan-di-indonesia/. Diakses 15 Mei 2020.
Hadi, S. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta:Andi Offset.
I Made Suparta , 2018. Pengertian Tri Hita Karana dan bagian. Tersedia pada https://www.mutiarahindu.com/2018/11/pe ngertian-tri-hita-karana-danbagian.html.
Diakses 4 Mei 2020.
Joko Winarto, 2015. Peran kinerja guru dalam meningkatkan kwalitas
pendidikan ditinjau dari input, proses, dan output. Tersedia pada https://www.kompasiana.com/jokowinarto/550082f2a333115263511c79/peran-kinerja-guru-dalam-meningkatkan- kwalitas-pendidikan-ditinjau-dariinput- proses-dan-output. Diakses 12 Mei 2020.
Kemananda, 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Tesis tidak diterbitkan. Singaraja: Undiksha.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonom.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar
Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putra. 2005. Cudamani Kumpulan Kuliah- Kuliah agama Hindu. Bali: Kanwil Dep. Agama Provinsi Bali.
Raden Sumarsono, 2019. Pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru pada madrasah aliyah di kecamatan gantarang kabupaten bulukumba. Tersedia https://www.researchgate.net/publication/338341866_PENGARUH_IKLIM_KERJA_TERHADAP_KINERJA_GURU_PADA_MADRASAH_ALIYAH_DI_KECAMATAN_GANTARANG_KABUPATEN_BULUKUMBA. Diakses 20 Mei 2020.
Siti Khalizah. 2019. Karakter religius ujung tombak pendidikan karakter. Tersedia pada https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/03/28/128089/karakter-religiusujungtombak-pendidikan-karakter. Diakses 4 Mei 2020.
Sekaragengpratiwi, 2012. Perilaku social. Tersedia pada https://sekaragengpratiwi.wordpress.com/2 012/02/02/perilaku-sosial/. Diakses 31 Mei 2020.
Sunarto, M.Pd., 2019. Upaya menciptakan iklim kerja yang kondusif di sekolah. Tersedia pada http://formenews.id/2019/02/14/upaya- menciptakan-iklimkerja-yang-kondusif-di- sekolah/. Diakses 18 Mei 2020.
Surianto200477, 2009. Teori pembelajaran konstruktivisme. Tersedia pada https://surianto200477.wordpress.com/200 9/09/17/teoripembelajarankonstruktivisme/. Diakses 29 Mei 2020.
Suleman, Suhaemi. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri I Jeneponto. Tersedia pada http://journal.unismuh.ac.id/index.php/competitiveness. Diakses 10 Desember 2017.
Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu.
Surabaya: Penerbit Paramita.
Windia, W dan B. Ashrama. 2005. Mengukur Penerapan Konsep THK, dalam Buku Panduan THK Awards an d Accreditation tahun 2005, Green Paradise. Denpasar.
Windia, W. dan Dewi, R.K. 2011. Analisis Bisnis berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: Udayana University Press.
DOI: https://doi.org/10.55115/jurdiksca.v1i2.2751
DOI (PDF): https://doi.org/10.55115/jurdiksca.v1i2.2751.g2031
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.