Efektivitas Penggunaan Metode Quantum Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Made Sri Astika Dewi, Ni Made Ignityas Prima Astuti, Nyoman Ayu Putri Lestari

Sari


This study aims to describe the effectiveness of using the  Quantum Reading on the reading comprehension ability of sixth grade elementary school students. The results showed that the use of the Quantum Reading on students' reading comprehension skills was positive, students' reading comprehension skills using the Quantum Reading method showed better learning outcomes than before using the Quantum Reading. The results of inferential statistical analysis using the t test formula, it is known that thecalculated obtained is 7.3 with a frequency of dk = 26-1 = 25, at a significance level of 5% obtained ttable = 2.05. So, tcount > ttable or the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. This proves that the use of the Quantum Reading effective on the reading comprehension ability of Grade VI elementary school students

Kata Kunci


Effectiveness; reading comprehension ability; quantum reading

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’la M. (2012). Quantum Teaching. Jogjakarta: DIVA Press

Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi, et.al. 2015. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas.Bandung: Kaifa.

Dewi, M. S. A. (2022). Analisis miskonsepsi anak sekolah dasar dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2477-2482.

Dewi, Made Sri Astika. 2022. “Melaksanakan Pendampingan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia SD Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 1(2).

Gewati, Mikhael. 2016. “Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia”.Kompas.com.Tersedia pada http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca. indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia. Diakses pada 19 Februari 2018.

Haryanto, Alexander. 2017. “Najwa Paparkan Data Soal Rendahnya Minat Baca Indonesia”. Artikel. Tersedia pada https://tirto.id/najwa-paparkan-data-soal-rendahnya-minat-baca-indonesia-cupM. Diakses pada 4 Februari 2018

Hernowo. (2015). Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: Mirzan Learning.

Junita, F. Marsis, dan Syofiani. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum reading Pada Siswa Kelas V SDN 50 Padang Tongga LubukBasung Kabupaten Agam. Skripsi. FKIP PGSD Universitas Bung Hatta.

Manggur Yanurius. 2015. Skripsi. Penggunaan Quantum Reading Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN 03 Cisompet Garut.

Nirwana. 2011. Skripsi. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Quantum Reading Murid kelas IV SDI Bengo kec. Manuju Kab. Gowa. Unismuh Makasar.

Shofaussamawati. 2016. “Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini”. Jurnal Penelitian. Tersedia pada http://journal.staikudus.ac.id. Diakses pada 4 Februari 2018.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti B. 2017. Skripsi. Pengaruh Penerapan Metode Quantum Reading Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa kelas V SDN Cambajawaya kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Sri, A.D.M. Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. (Vol 3, No 2, Hal 76-83). Tersedia pada https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/10398

Wendra, I Wayan. 2014. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.

Widiarta, I Wayan. 2014. “Pengaruh Pendekatan Quantum Reading Terhadap Keterampilan Membaca Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Tegalallang Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2, No.1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/. Diakses pada 20 Februari 2018




DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.2890

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##


Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN 2722-5224 (Online) 2721-3935 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
E : anggadewiyulia@stahnmpukuturan.ac.id


View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.