Kajian Teoritis Perbandingan Kurikulum IPS di Indonesia dan Amerika
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astawa, I B M (2017), Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Pers
Barr, R., James L. Barth dan Samuel Shermis. (1978 Konsep Dasar Studi Sosial. Bandung: Sinar Baru.
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34.
Bermuda. (2013). Primary School Curriculum Social Studies. Bermuda. Departement Of Education State Of
California Department of Education. (2000). History–Social Science Content Standards for California Public Schools. California. Caribbean Examinations Council. 2012. Social Studies Syllabus. Jamaica: CXC. Dapat diakses: www.ianrandlepublishers.com
Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(1).
Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD, 2(2).
Farina. (2015). Social Studies: Scope and Squence. New York: Department of Education.
Farisi, M. I. (2013). KURIKULUM REKONTRUKSIONIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL : ANALISIS DOKUMEN KURIKULUM 2013. 143–164.
Gunawan, R (2016).Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung.Alfabeta.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. htps://Doi.Org/10.24042/Terampil.V2i1.1280
Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147-154.
Huriah, R. (2014) Pengembangan Profesi Pendidikan IPS.Bandung. Alfabeta
Irrubai, M. L. (2021). KOMPARASI TEMA-TEMA POKOK SOCIAL STUDIES DI NEGARA ASIA DAN AMERIKA SERIKAT. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 7(2), 265-286.
Jay. (2002). Social Studies Curriculum Table of Contents. Alaska: Kenai Peninsula borough school district 148 n. Binkley.
Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum Dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SD/MI. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263. Https://Siducat.Org/Index.Php/Jpt/Article/View/144
Morton, J. B. (2010) Alabama Course of Study: Social Studies. State Superintendent of Education, Alabama Department of Education.
Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 704–709. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i3.397
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions In Learning Innovation On Social Studies. The Innovation Of Social Studies Journal, 2(2), 135–142
Nuryadi, N., & Setiana, D. S. (2020). Kajian Kurikulum Sekolahdasar Dan Menengah. GRAMASURYA. Http://Eprints.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/8920/
Pantiwati, Y. (2012). PENERAPAN ASESMEN DAN PENILAIAN KEMAJUAN HASIL BELAJAR SISWA DI OHIO-COLUMBUS-AMERIKA SERIKAT.
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Pichard, C.J. (2005). Comprehensive Curriculum: Grade 8 Social Studies. Lousiana Department of Education, USA.
Rahayu, R., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Social Studies Lesson Planning For Children With Intellectual Disabilities In The Pembina State Special School Of South Kalimantan Province. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 160–169. Https://Doi.Org/10.20527/Kss.V2i2.3242
Riswan, R., Rajiani, I., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Rusmaniah, R. (2022). The Role of Economic in Social Studies Education. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(2), 144-151.
Sapriya.2017.Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung.PT Remaja Rosdakary
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sutrisna, Edy. (2012). Strategi Guru dalam Pembelajaran IPS (Studi Eksploratif Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP – Wilayah Kabupaten Pati). Journal of Educational Social Studies 1, Nomor 1, 48-54. Diakses 28 Februari 2021.
Suastika, I. N. (2021). PERBANDINGAN POSISI IPS PADA KURIKULUM INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 697-709.
Speidel, S. (2018). Lux presents hollywood: Films on the radio during the ‘golden age’ of broadcasting. The Routledge Companion to Adaptation, 265–277. https://doi.org/10.4324/9781315690254
Wahidah, M. N., Putro, H. P. N., Syaharuddin, S., Prawitasari, M., Anis, M. Z. A., & Susanto, H. (2021). Dinamika Pendidikan Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (1986-2019). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1). Https://Ppjp.Ulm.Ac.Id/Journals/Index.Php/Pakis/Article/View/3186
DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i2.2478
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN 2722-5224 (Online) 2721-3935 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
E : anggadewiyulia@stahnmpukuturan.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.