Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPS di SD Kecamatan Sukasada
Sari
Education is the spearhead of the progress of a nation. Education is an effort that is deliberately designed to achieve the goals that have been set. Education aims to improve the quality of human resources. One of the efforts to improve human resources is through the quality of the learning process in schools. Efforts to improve an education require a long time, an orderly and systematic process, because it is related to various aspects of the life of the quality of education, because it is adapted to the times, for example about educational autonomy, community needs, and the spirit of regional autonomy in managing human resources in the future. front. Approaches in learning are very important to do so that the learning process becomes more creative and innovative. In the social studies learning process so far, teachers apply the classical approach and the lecture method is the main choice in learning.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, Mohammad. 2001. Peningkatan Manajemen melalui Penguatan Tata Kelola dan Akuntabilitas di Sekolah Madrasah. Jakarta: Dirjen Pendas Kemendiknas.
Azwar. 2002. Materi Konsep Perilaku Sikap Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas VI SD. Jakarta : Penerbit Rajawali.
Agus Sudiandika. I Kadek 2012, Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Berbatuan Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Tigawasa. Singaraja : Universitas Ganesha
Candiasa, I Made. 2007. Statistik Multivariat. Singaraja : Program Pasca Sarjana Undiksha.
, 2004. Analisis Butir. Singaraja : Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.
Dantes, Nyoman. 2006. Memperkuat Sampel Pendidikan Demokrasi dan Profesionalis Guru (Makalah) disampaikan pada Seminar Jurusan PPKn Fakultas PIPS Undiksha. Singaraja : PPKn Undiksha.
Dantes, Nyoman. 1986. Analisis Variant. Singaraja : FKIP UNUD Singaraja. Davies. 2000. Psikologis Psikomotor Sikap Perilaku. Bandung : Bina Pendidikan Pustaka.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. Ke-2. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Djahiri, A Kosasih, 2002. Dasar-dasar Metodologi Pengajaran. Bandung : Lab. PMP IKIP Bandung
Inggrid Schudell, Etc. 2013. Hasil Penelitian Kontekstual digunakan untuk Menanggapi isu-isu Lingkungan.
Jihad Asep. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendasmen Pendidikan Nasional.
Joice dan Weil. 2000. Strategi Metode Kontekstual. Jakarta : Dirjen Pendasmen.
Johnson, 2002. Sistem Belajar Mengajar CTL dengan Pendekatan Belajar di Kelas. Jakarta : Penerbit Gramedia.
Koyan, I Wayan. 2007. Statistik Terapan. Singaraja : Undiksha Singaraja.
Lasmawan, Wayan. 2004. Pengembangan Model Pendidikan Berdemokrasi dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. (Laporan Penelitian). Singaraja : Lembaga Penelitian IKIP Negeri Singaraja.
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Mulyani dan Permana. 2000. Metode Pola Penekanan Belajar Mengajar. Bandung: Bina Aksara.
Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang. Universitas Negeri Malang.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana PPN. 2002. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Muslih dan Masmur. 2007. Model Pembelajaran Kontekstual. Jakarta : Dirjen Dikti.
DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2300
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN 2722-5224 (Online) 2721-3935 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
E : anggadewiyulia@stahnmpukuturan.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.