Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Ni Nyoman Kurnia Wati

Sari


This study aims to improve learning outcomes of IPS 1 subject to PGSD Class A at STAHN Mpu Kuturan Singaraja through the implementation of the SOLE Learning Model based on Tri Kaya Parisudha. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of the SOLE learning model based on Tri Kaya Parisudha can improve the learning outcomes of IPS 1 Elementary School Subjects in PGSD class A 3rd semester students at STAHN Mpu Kuturan Singaraja. This result is evident from the increase in the average increase in cycle I from 82 to 87 in cycle II. Students' classical completeness also increased from 83% in cycle I to 94% in cycle II.

Keywords: SOLE model, Tri Kaya Parisudha, learning outcomes


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A. A. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Suatu Pengantar). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. 2011. Penelitian Konvensional (Ex Post Facto/Survei dan Eksperimental). Makalah disajikan dalam Seminar dan Pelatihan tentang Penelitian Ex Post Facto dan Eksperimental. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 14 April 2011.

Anonim. 2011. Pengertian Hasil Belajar. Tersedia pada http://dunia baca.com/pengertian-belajar-dan-hasil-belajar.html. Diakses pada tanggal 23 November 2019.

Anonim. 2012. Definisi dan Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. Tersedia pada http://berita-terhangat.blogspot.com/2012/08/definisi-dan-pengertian-pendidikan.html. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2012.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daniel, Indrayana. 2019. Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Model SOLE (Self Organized Learning Environment) berbasis web dengan gaya belajar VAK untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Eanes, Robin. 1997. Content Area Literacy: Teaching for Today and Tomorrow. Albany: Delmar Publisher

Finn, Patrick J. 1993. Helping Children Learn Language Art. New York: Longman.

Freitas, S. de, & Yapp, C. 2005. Personalizing Learning in the 21st century. Stafford: Network Educational Press.

Kustandi & Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lichona, T. 1991. Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter): Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo, 2012. Jakarta: Bumi Aksara.

Lodra, I W. 2006. Trikaya Parisudha dalam Segala Aspek Kehidupan. WHD, 465: 26 29

Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Sanjaya, aade. 2011. Prestasi Belajar. Tersedia pada http://aadesanjaya. blogspot. com/2011/02/prestasi-belajar.html. (diakses tanggal 20 November 2019)

Sholichah, Ana Fatwatush. 2019. Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) dalam Penyelesaian Tugas di SMP Negeri 9 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

Wahyuni. 2018. Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia.

Zuhroh Nilakandi. 2020. Pengertian dan Manfaat Google Classroom. Tersedia padahttps://www.google.com/search?=pengertian+dan+manfaat+google+classroom&oq=pengertian+dan+manfaat+goo&gs-ab. Diakses pada tanggal 26 September 2020.




DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1387

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##


Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN 2722-5224 (Online) 2721-3935 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
E : anggadewiyulia@stahnmpukuturan.ac.id


View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.