IMPLEMENTASI LANDASAN TRIHITA KARANA : MENTORING DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DI SD

Komang Surya Adnyana, Ni Putu Kusuma Widiastuti

Sari


Permasalahan dalam proses pembelajaran daring salah satunya adalah proses pembelajaran yang monoton yaitu kegiatan pembelajaran dilakukan hanya dengan pemberian tugas melalui WA (whatsaap) saja. Tugas-tugas tersebut hanya berupa pendalaman dalam ranah kognitif saja. Implementasi aspek social dan spiritual tidak terlihat jelas. Penyelesaian masalah yang disepakati dengan sekolah mitra adalah pemberian pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran yang berlandaskan Tri Hita Karana. Kegiatan pendampingan dilakukan secara daring dalam empat sesi. Metode yang dilibatkan adalah coaching, mentoring, dan experiential learning. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pendampingan kepada guru-guru mengedukasi guru untuk merancang perangkat pembelajaran daring yang berlandaskan Tri Hita Karana.           

Kata kunci: Tri Hita Karana, Pendampingan, Perangkat pembelajaran



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505

Diponegoro, A. M., & Mulyono. (2015.) Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kebahagiaan pada lanjut usia suku jawa di klaten. Psikopedagogia, 4(1), 13-19.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic:

Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440.

https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Donder, I Ketut. 2007. Kosmologi Hindu, Penciptaan, Pemeliharaan, dan Peleburan Serta Penciptaan Kembali Alam Semesta. Surabaya: Paramita.

Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.