RAGAM PERSOALAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM TINJAUAN KRITIS FILSAFAT PENDIDIKAN
Sari
Keywords: Dishumanization, Capitalism, Castanization, Educational Philosophy.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifah, N. (2015). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148
Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Nizamia Learning Center.
Ardlin, F. (2013). Forma Mobilitas Sosial dalam Kapitalisme Pendidikan. Diskursus Islam, 1(3), 437–448.
Darmaningtyas. (2009). Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: LkiS.
Darmaningtyas. (2015). Pendidikan yang Memiskinkan. Malang: Intrans Publishing.
Djamal, M. (2016). Fenomena Kekerasan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, P. (1972). Pedagogy of The Oppressed. London: Sheed and Ward Ltd.
Knellr, G. F. (1972). Introduction to The Philosophy of Education. New York: Jhon Wiley & Sons, Inc.
Knight, G. R. (2004). Filsafat Pendidikan: Isu-Isu Kontemporer dan Solusi Alternatif. Yogyakarta: Idea.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan, The Choice is Yours. Valia Pustaka.
Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.
Muhmidayeli. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Mulkhan, A. M. (2002). Cerdas di Kelas, Sekolah Kepribadian, Rangkuman Model Pengembangan Kepribadian dalam Pendidikan Berbasis Kelas. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Nuryatno, M. A. (2008). Mazhab Pendidika Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik dan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book.
Piliang, Y. A. (2004). Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Jalasutra.
Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prastowo, A. (2012). Fenomena Pendidikan Elitis dalam Sekolah/ Madrasah Unggulan Berstandar Internasional. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Siregar, F. A. (2019). Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascsarjana UNIMED, 1(1).
Siregar, R. L. (2016). Teori Belajar Perenialisme. Jurnal Al-Hikmah, 13(2), 172–183.
Solihin, M. (2015). Kapitalisme Pendidikan (Analisis Dampaknya Terhadap Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa). Nur El-Islam, 2(2), 56–73.
Suda, I. K. (2017). Kastanisasi Pendidikan: Ketika Pelajaran Agama Terpinggirkan. Program Pascasarjana UNHI bekerjasama dengan PT. Percetakan Bali.
Sudiarja, A. (2007). Driyarkara: Pendidikan Kepribadian Nasional. Basis, 07, 4.
Syafril, Eldarni, & Rahmi, U. (2018). Teknologi Pendidikan: Peningkatan Kualitas dan Akses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Widodo, S. A. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Aliran-Aliran Filsafat. Idea Press.
Widyastono, H. (2013). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kajian Yuridis dan Konseptual. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 066(13).
DOI: https://doi.org/10.55115/darsan.v5i1.2937
DOI (PDF): https://doi.org/10.55115/darsan.v5i1.2937.g2467
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.