PENGARUH LAYANAN PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA KEBUN REFUGIA DI KABUPATEN MAGETAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan wisata terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata kebun refugia dikabupaten magetan. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan jenis survei. analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji linieritas. Untuk pengujian digunakan uji regresi linier dan koefisien determinasi.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan simple random sampling. Sehingga didapatkan 50 orang responden. Teknik pengumpulan data yakni dengan menyebarkan angket kepada wisatawan kebun refugia sebanyak 50 orang. Teknik analisis data dengan regresi linier sederhana.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh layanan pariwisata terhadap kepuasan wisatawan pada obje wisata kebun refugia di kabupaten magetan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,33 < 0,05 dengan demikian maka, H01 ditolak dan Ha1 diterima. Nilai t hitunf lebih besar dari t tabel yakni 4,766 > 1,675. Sedangkan besarnya pengaruh layanan pariwisata terhadap kepuasan wisatawan dapat dilihat dari nilai B pada tabel yakni sebesar 0,803 dengan asumsi variabel lain konstan atau nol.
Kata kunci:Layanan, Kepuasan, Kebun Refugia
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
(Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 25A mengamanatkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. (p. 1945).
(Undang - Undang Dasar Republik Indonesia. (2009). Undang - Undang Nomor 10 Tahun 2009, wisatawan adalah orang-orang yang melakukan kegiatan wisata. (p. 2009).
Afifah, M. (2021). Peran Akun Instagram @kebunrefugiamagetan Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Wisata Kebun Refugia Magetan. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id, 5–24.
Ahmad, A., & Jaya, I. (2012). Biostatisttik: Statistik Dalam Penelitian Kesehatan. Kencana.
Anwar. (2022). Strategi Pengelola Kebun Refugia Magetan Dalam Meningkatkan Pengunjung Melalui Instagram Periode 2019-2022.
Ardiwidjaja, R. (2018). Arkeowisata Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan Budaya. Cv Budi Utama.
Baffadal, A. S. (n.d.). Manajemen Komplain Dan Kualitas Layanan Pariwisata. Cv Budi Utama.
Bappeda.Jatim.go.id. (2011). Berkunjung ke Jawa Timur. Www.Bappeda.Jatim.Go.Id. https://bappeda.jatimprov.go.id/2011/02/16/berkunjung-ke-jawa-timur/
Bhuiyan, A. H. dkk. (2021). Tourist perception and satisfaction on safari tourism at Bangabandhu Sheikh Mujib Safari Park in Bangladesh. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(4), 430–440. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2021.11.005
Ciputra, W. (2022). Sejarah dan Asal-usul Magetan, Kabupaten di Kaki Gunung Lawu yang Berjuluk The Sunset of East Java. Www.Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/08/152949278/sejarah-dan-asal-usul-magetan-kabupaten-di-kaki-gunung-lawu-yang-berjuluk?page=all
Damanik, D. dkk. (2022). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.
Dewantara, Y. F., & Levyta, F. (2022). Jelajah Kuliner Khas Betawi (Nurrahmawati (ed.)). CV. Bintang Semesta Media.
Dikominfo. (2019). Peringati Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 dan Pembukaan Taman Refugia di Magetan. Diskominfo Kabupaten Magetan. https://kominfo.magetan.go.id/peringati-hari-pangan-sedunia-tahun-2019-dan-pembukaan-taman-refugia-di-magetan/
Eddyono, F. (2021). Pengelolaan Destinasti Pariiwsata. Uwais Inspirasi Indonesia.
Faredella, T. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Obyek Wisata Kebun Refugia Di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan. 9, 321–332.
Handayani, S. dkk. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas (Aziz N.Aulia (ed.)). Health Books Publishing.
Humagi, F. dkk. (2021). Analisis Kebutuhan Prasarana Dan Sarana Pariwisata Di Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Spasial, 8(2), 190–20.
Husin, A. D. (2022). Pengembangan Wisata. Bening.
Ismail, & Farahsanti, I. (2019). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.
isnaeni, fidyah. (2018). analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung objek wisata air bojongsari (owabong) waterpark purbalingga. Bitkom Research, 63(2), 1–3.
Jaramillo, J. P. dkk. (2023). A sentiment analysis approach to investigate tourist satisfaction towards transport systems: the case of Mount Etna. Transportation Research Procedia, 69(2022), 400–407. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2023.02.188
Junaid, I. (2018). Pariwisata Bahari: Konsep dan Studi Kasus. Politeknik Pariwisata Makassar.
Kalebos, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan Fatmawati. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4(3), 489–502.
Kiswantoro, A., & Susanto, D. R. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Umbul Ponggok, Klaten. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(2). https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6373
Mamirkulova, G. dkk. (2020). New Silk Road infrastructure opportunities in developing tourism environment for residents better quality of life. Global Ecology and Conservation, 24, e01194. https://doi.org/10.1016/j.gecco.2020.e01194
Mulyana, Y. (2019). Jurnal Tourism And Economic.
Nurhardiansyah, R. dkk. (2019). Kemampuan literasi peserta didik pendidikan jasmani di smk. 7, 1–8.
Perdanakusuma, A. (2013). Pengaruh Komunikasi Efektif Perawat-Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Wijayakusuma (DKT) Purwokerto.
Prasodjo, T. (2017). Pengembangan Pariwisata Budaya dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Office, 3(1), 7. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3448
Putri, R. dkk. (2012). Metodologi Penelitian Sosial (Suprapno (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Putri, Z. ermy D. (2023). Komunikasi Priwisata (Ari Yanto (ed.)). Teknologi, Global Eksekutif.
Qomariah, N. (2017). Pentingnya Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung. CV.Pustaka Abadi.
Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang Marketing???(Panduan Bagi Peneliti Pemula). Cv Budi Utama.
Revinda, E. dkk. (2021). Inovasi Desa Wiasata: Potensi, Strategi dan Dampak Kunjungan Wisata (A. Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Riadi, M. (2019). Pariwisata (Pengertian, Unsur, Bentuk dan Jenis Wisata). Kajianpustaka.Com.
Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner (Abdul (ed.)). CV. Adanu Abimata.
Rizky, C. G., & Suyanto, A. (2020). Analisis Faktor – Faktor Yang Membentuk Loyalitas Pelanggan Indihome Dengan Layanan Triple Play Di Kota Jakarta. Jurnal Mitra Manajemen, 4(2), 206–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i2.340
Saadah, N. D. (2020). Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Melalui Bermain Dan Rekresi Pada Anak Usia Dini (B. Yulianto (ed.)). Scopindo Media Pustaka.
Samira, B. anisa. (2021). perencanaan bisnis pariwisata. Media Nusa Kreatif. https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Bisnis_Pariwisata/utlXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian,+jenis-jenis+dan+bentuk-bentuk+pariwisata&pg=PA18&printsec=frontcover
Saragih, H., & Habungaran, H. J. (2022). Pembangunan Pariwisata, Manajemen Situs Sejarah Kearifan Lokal Di Kota Pemantangsiantar. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Shadikah, A. A. (2022a). A Qualitative Study About Reliefs Meaning Of Plaosan Temple: The Buddhist Tourism Destination At Klaten, Central Java. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 310. https://doi.org/10.35931/aq.v16i1.859
Shadikah, A. A. (2022b). Moral Values behind the Reliefs’ Story of The Sojiwan Temple at Klaten Region. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 56–69. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.92
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.
Slamet, R., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Cv Budi Utama.
Sopiah. (2020). Pengaruh kualitas produk wisata, kualitas pelayanan dan citra emosional terhadap kepuasan wisatawan tangkahan kabupaten langkat. 2011, 13–36.
Suchaina. (2014). Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Jurnal Psikologi, 2(2), 89–109. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1072/938
Sudiana, I. K. (2019). Dampak Olahraga Wisata Bagi Masyarakat. Jurnal IKA, 16(1), 55. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19826
Susanto, N. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan PT Rembaka. Agora, 7(1), 6–12.
Sutomo, M. dkk. (2021). Bunga Rampai Manajemen Priwisata Sulawesi Tengah Studi Literatur Mahasiswa STIE Panca Bhakti Palu (R. Widyani (ed.)). Cv Budi Utama.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana
DOI: https://doi.org/10.55115/cultoure.v4i2.3636
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##