PENGARUH REVITALISASI SARANA PRASARANA DAN HARGA TIKET MASUK TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH
Sari
Pada bulan januari 2022 hingga bulan november 2022, Taman Mini Indonesia Indah melakukan revitalisasi sarana prasarana untuk menyambut acara internasional KTT G20 yang menghabiskan dana sebesar Rp. 1.1 triliun. Setelah revitalisasi, tingkat kunjungan wisatawan belum memiliki jumlah kenaikan yang stabil dan perubahan harga tiket masuk yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh setelah revitalisasi sarana prasarana dan harga tiket masuk terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung di TMII. Metode yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 270 responden. Data dianalisis dengan menggunakan statistik dan diolah dalam bentuk angka menggunakan metode SEM-PLS versi 4. Hasil peneltian menunjukan bahwa, pengunjung yang datang ke TMII mayoritas perempuan dan sudah melakukan kunjungan lebih dari 4 kali, domisili di jakarta timur yang merupakan pelajar/mahasiswaa dengan rentang usia 17-25 tahun tingkat pendapatan dibawah Rp. 1000.000. Hasil hipotesis revitalisasi sarana prasarana terhadap loyalitas pengunjung tidak memiliki pengaruh yang signifikan, namun enam hipotesis lainnya memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel lainnya.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprileny, I., Saputri, S., & Emarawati, J. A. (2021). Pengaruh Media Iklan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Pengunjung Di Jencia Park Tambun. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(3), 163–174.
Astriecia, A., & Budiyono, N. R. (2020). Persepsi Wisatawan Terhadap Citra Kepariwisataan Di Kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta Pasca Revitalisasi. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 329. https://doi.org/10.24843/jdepar.2020.v08.i02.p22
Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia (A. Said, I. Budiati, T. R. B. Rahayu, & A. P. Raharjo (eds.)). www.freepik.com
Benklah, J. Q., Rahayu, S., & Am, T. (2022). Pengaruh Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Wisatawan Dengan Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Intervening pada Wisata Rekreasi Air Buatan ( Waterpark ) Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 129–141.
Frangos, C. C., Karapistolis, D., Stalidis, G., Constantinos, F., Sotiropoulos, I., & Manolopoulos, I. (2015). Tourist Loyalty is All About Prices , Culture and the Sun : A Multinomial Logistic Regression of Tourists Visiting Athens. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175, 32–38. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1171
Gunadi, M. A., Pramitha, A. R., & Rusli, M. (2015). Development of cultural tourism product in Taman Mini Indonesia Indah. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 1(1), 17. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.2
Hair, J. F., Hult., G. T. M., Ringle., C. M., & Sarstedt, M. (2016). Partial least squares structural equation modeling with R. In Practical Assessment, Research and Evaluation (Vol. 21, Issue 1).
Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Aristanto, E., Waris, A., & Patalo, R. G. (2020). Peran Sistem Informasi Pemasaran , Kualitas Pelayanan dan Entrepreneurial marketing serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Generasi Milenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14, 74–83. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.148
Hudiono, R. (2022). Pengaruh Jenis Kelamin dan Usia terhadap Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 123–128.
Nursyamsi, M., & Puspita, R. (2022, January 21). InJourney: Revitalisasi TMII Rampung Pada Oktober 2022. Republika. https://news.republika.co.id/berita//r65a64428/injourney-revitalisasi-tmii-rampung-pada-oktober-2022
Nursyamsiah, R. A., & Setiawan, R. P. (2023). Does place attachment act as a mediating variable that affects revisit intention toward a revitalized park ? Alexandria Engineering Journal, 64, 999–1013. https://doi.org/10.1016/j.aej.2022.08.030
Sudjilah. (2020). Revitalisasi Pasar Rakyat dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pendapatan Pedagang. Akademika, 18(2), 137–149.
Taman Mini Indonesia Indah. (2023). Sejarah Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah. https://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/tmii/menu/tentang_tmii.php
Thungasal, C. E., & Siagian, H. (2019). Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 1–7.
Wibiksana, F. X., Estikowati, & Alvianna, S. (2022). Pengaruh Produk Wisata, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Kampung Sanan Kota Malang. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(4), 507–514. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i4.568
DOI: https://doi.org/10.55115/cultoure.v4i2.3585
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##