KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIKTOK @thekeranjangbali DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE
Sari
Masyarakat suka berbelanja online karena terjadinya wabah Covid-19 yang membuat banyak orang menjadi susah menjalankan aktivitasnya terutama dalam membeli barang kebutuhan. Hal tersebut tentunya sangat bardampak bagi pelaku usaha karena sepi pembeli. Berkat perkembangan teknologi, media sosial menjadi sebuah solusi dan altenatif dalam mengembangkan usahanya secara online. Salah satu platfrom media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat serta pelaku usaha adalah Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dalam metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain @thekeranjangbali mempromosikan barang dagangan secara online dengan berbagai strategi digital marketing. Teknik digital marketing yang digunakan seperti, iklan berbayar, konten yang berisikan komedi atau drama, influencer marketing, hashtag challenges, kolaborasi dengan content creator, live streaming, pemberian diskon khusus, dan penandatanganan produk. Dengan teknik tersebut tentunya akan meciptakan persepsi dalam membentuk dan meningkatkan brand image pada @thekeranjangbali. Persepsi muncul dari hasil komunikasi persuasif. terdapat enam prinsip komunikasi persuasif yaitu prinsip: timbal balik, komitmen dan konsisten, bukti sosial, kegemaran otoritas dan kelangkaan. @thekeranjangbali menggunakan komunikasi persuasif pada kegiatan live di TikTok. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apa yang di inginkan oleh konsumennya sehingga mereka akan terus mendapatkan followers maupun pembeli baru. Walaupun demikian, tentunya tidak menutup kemungkinan @thekeranjangbali mendapatkan respon yang bersifat positif maupun negatif dari para pembeli.
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Tiktok, @thekeranjangbali
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Delsiaulia. (2022). Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Terhadap Penjualan Masker Melalui Media Sosial TIKTOK;Jurnal Digital Repository Unila. 10-16.
Effendi, Uchjana Onong. 2006. Ilmu Komunikasi dan Teori Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fransisca, M., Hartanto, D. D., & Sylvia, M. (2020). Perancangan Brand Activation Excelso Jemursari pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16)
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novitasari, T. N., & Setyawati, S. P. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri. 314–321.
Nurhasanah, A & Sabri, B. (2023). Media Sosial TikTok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live Di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan; Jurnal Sains Sosial dan Humaniora, 7(2), 10-15.
Pradika, F. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pemasaran Pof Parfume; Jurnal On Education, 5(4), 15-20.
Sanjaya, Y & Oei, L. (2023). Analisis Teknik Komunikasi Persuasif Pada TIKTOK Live akun @erigo.store. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, 12-17.
Sari, P. (2023). Analisis Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sishop_id Pada Fitur Live D Aplikasi Shopee; Jurnal Student Research Joural, 1(3), 14-16.
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Vera, Nawiroh. 2010. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Renata Pratama Media.
https://jateng.tribunnews.com/2023/10/05/tiktok-shop-tutup-permanen-aturan-perdagangan-digital-ri-terlambat
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1476799-the-keranjang-bali-wisata-oleh-oleh-khas-pulau-dewata
https://www.tiktok.com/@thekeranjangbali
DOI: https://doi.org/10.55115/communicare.v4i1.3971
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.