EFEKTIFITAS KONTEN DHARMA WACANA PADA CHANNEL YOUTUBE KERTA BUMI OFFICIAL
Sari
Pada era digitalisasi saat ini yang menuntut sebuah perubahan dari manual ke media digital. Tokoh agama yang biasanya menyampaikan gagasan ataupun pemikirannya secara face to face kini harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman dengan memanfaatkan platform media sosial seperti facebook, youtube, instagram dan lain sebagainya. Namun yang sangat kentara disini adalah media platform Youtube digunakan sebagai media dalam menyebarluaskan ilmu agama yang tedapat dalam isi kitab suci yang mana masih relevan untuk diterapkan bagi khalayak umum. Dahulu kita ketahui bahwasanya membawakan suatu inti sari dari ajaran kitab suci hanya bisa dilakukan oleh orang suci, seperti pedanda dan pemangku. Tapi seiring berkembangnya jaman, hal itu sudah tidak tidak relevan diterapkan, karena saat ini generasi muda baik itu penyuluh agama, mahasiswa, ataupun guru atau dosen yag sudah mumpuni dibidangnya bisa melakukannya asalkan sesuai dengan pakem-pakem yang ada. Media youtube dijadikan sebagai ajang untuk menyebarluaskan informasi terkait suatu peristiwa ataupun nilai dari suatu hal.
Kata Kunci : Dharma wacana, youtube
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Utami, I. T., Nurhayati, S., Immawati, I., & Ludiana, L. (2021) “Gambaran Motivasi
Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di
Akper Dharma Wacana”. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2), 60-68.
Dalem, I Gusti Ketut. 2007. Metode Penyuluhan Agama. Denpasar: Institut Hindu
Dharma Negeri.
Gede Lingga Ananta Kusuma Putra,2019. Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media
Youtube. Bali: Sekolah Tinggi Desain Bali.
Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022)”Pengaruh Youtube Sebagai Media
Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa”.
Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1),
-84.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). “Youtube sebagai sumber belajar
generasi Milenial”. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323.
Jelantik, S. K., Widaswara, R. Y., & Suardana, I. K. P. (2021, June).” Komodifikasi
Penyiaran Agama Hindu Melalui Media YouTube Pada Era Pandemi Covid-19”. In
Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 4, pp. 1-15).
Kaplan dan Manners, 1999. Teori budaya.Yogyakarta: pustaka pelajar.
Negara, G. A. J., & Putra, I. N. B. A. (2020). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media
Dharmawacana”. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 81-91.
Harta, R., & Jelantik, S. K. (2022). “Komunikasi Ekspresif Konten Dharma Wacana Pada
Media Youtube”. COMMUNICARE, 3(1).
Dewi, A. I. S. K., Waisnawa, I. M. S. P., & Priangbidari, L. K. N. (2023). “Pasraman
Media Penanaman Nilai Moral Generasi Muda Dalam Membangun Kreativitas
Kearifan Budaya Lokal Bali, Sebagai Taksu Pembangunan Sumber Daya Manusia”.
Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 281-290.
Siswadi, G. A. (2019). “Implikasi Dharma Wacana Terhadap Umat Hindu Di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur”.Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 262-269.
Wahyuni, n. P. R. (2014). “Analisis isi dharma wacana agama hindu melalui bali tv dalam
perspektif pendidikan karakter (Studi Kasus Pedharma Wacana Ida Pandita Mpu
Jaya Acaryananda)”. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1).
Ariyoga, Nyoman. "strategi komunikasi penyuluh agama hindu di era trasformasi
digital." communicare 3.1 (2022): 81-90.
DOI: https://doi.org/10.55115/communicare.v4i1.3970
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.