EFEKTIFITAS KONTEN DHARMA WACANA PADA CHANNEL YOUTUBE KERTA BUMI OFFICIAL

Roni Han Wasisto

Sari


ABSTRAK

Pada era digitalisasi saat ini yang menuntut sebuah perubahan dari manual ke media digital. Tokoh agama yang biasanya menyampaikan gagasan ataupun pemikirannya secara face to face kini harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman dengan memanfaatkan platform media sosial seperti facebook, youtube, instagram dan lain sebagainya. Namun yang sangat kentara disini adalah media platform Youtube digunakan sebagai media dalam menyebarluaskan ilmu agama yang tedapat dalam isi kitab suci yang mana masih relevan untuk diterapkan bagi khalayak umum. Dahulu kita ketahui bahwasanya membawakan suatu inti sari dari ajaran kitab suci hanya bisa dilakukan oleh orang suci, seperti pedanda dan pemangku. Tapi seiring berkembangnya jaman, hal itu sudah tidak tidak relevan diterapkan, karena saat ini generasi muda baik itu penyuluh agama, mahasiswa, ataupun guru atau dosen yag sudah mumpuni dibidangnya bisa melakukannya asalkan sesuai dengan pakem-pakem yang ada. Media youtube dijadikan sebagai ajang untuk menyebarluaskan informasi terkait suatu peristiwa ataupun nilai dari suatu hal.
Kata Kunci : Dharma wacana, youtube

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Utami, I. T., Nurhayati, S., Immawati, I., & Ludiana, L. (2021) “Gambaran Motivasi

Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di

Akper Dharma Wacana”. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2), 60-68.

Dalem, I Gusti Ketut. 2007. Metode Penyuluhan Agama. Denpasar: Institut Hindu

Dharma Negeri.

Gede Lingga Ananta Kusuma Putra,2019. Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media

Youtube. Bali: Sekolah Tinggi Desain Bali.

Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022)”Pengaruh Youtube Sebagai Media

Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa”.

Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1),

-84.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). “Youtube sebagai sumber belajar

generasi Milenial”. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323.

Jelantik, S. K., Widaswara, R. Y., & Suardana, I. K. P. (2021, June).” Komodifikasi

Penyiaran Agama Hindu Melalui Media YouTube Pada Era Pandemi Covid-19”. In

Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 4, pp. 1-15).

Kaplan dan Manners, 1999. Teori budaya.Yogyakarta: pustaka pelajar.

Negara, G. A. J., & Putra, I. N. B. A. (2020). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media

Dharmawacana”. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 81-91.

Harta, R., & Jelantik, S. K. (2022). “Komunikasi Ekspresif Konten Dharma Wacana Pada

Media Youtube”. COMMUNICARE, 3(1).

Dewi, A. I. S. K., Waisnawa, I. M. S. P., & Priangbidari, L. K. N. (2023). “Pasraman

Media Penanaman Nilai Moral Generasi Muda Dalam Membangun Kreativitas

Kearifan Budaya Lokal Bali, Sebagai Taksu Pembangunan Sumber Daya Manusia”.

Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 281-290.

Siswadi, G. A. (2019). “Implikasi Dharma Wacana Terhadap Umat Hindu Di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur”.Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 262-269.

Wahyuni, n. P. R. (2014). “Analisis isi dharma wacana agama hindu melalui bali tv dalam

perspektif pendidikan karakter (Studi Kasus Pedharma Wacana Ida Pandita Mpu

Jaya Acaryananda)”. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1).

Ariyoga, Nyoman. "strategi komunikasi penyuluh agama hindu di era trasformasi

digital." communicare 3.1 (2022): 81-90.




DOI: https://doi.org/10.55115/communicare.v4i1.3970

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.