Strategi Media Cetak Koran Bali Express (Jawa Pos Group) Di Tengah Persaingan Media Digital

I Putu Mardika, Nyoman Widyani

Sari


Abstrak

Media massa cetak saat ini mengalami tantangan yang cukup berat di tengah persaingan dengan media digital. Sebagai imbas dari perkembangan teknologi informasi, membuat banyak media cetak gulung tikar. Namun, rupanya di tengah sulitnya persaingan dan kerasnya bisnis media massa, justru Koran Bali Express (Jawa Pos Group) masih bisa terbit sejak 15 tahun silam. Artikel ini menganalisis dua hal. Pertama apa yang menjadi alasan di balik bertahannya media cetak ini, dan kedua bagaimana inovasi yang dilakukan Media Cetak Bali Express (Jawa Pos Group) dalam menghadapi media digital di era sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Observasi dilakukan secara langsung dan wawancara secara terstruktur. Sedangkan teori yang digunakan adalah Teori Ekologi Media. Hasilnya, Ada empat alasan mengapa masih bertahan karena 1) masih dibutuhkan pembaca; 2) ulasan lengkap, berita valid dan anti hoax; 3) bisnis masih menjanjikan; 4) mampu membangun opini publik. Ada empat strategi yang dilakukan Koran Bali Express agar tetap bisa bertahan di tengah maraknya media digital saat ini. Yakni 1) mengembangkan portal media online, 2) memainkan konten di media digital, 3) merasionalisasi jumlah halaman dan 4) memaksimalkan potensi pendapatan iklan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Hutomo, M. S. (2020). Bertahan untuk hidup: konvergensi pers cetak dalam industri digital media. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 1(1), 30-37.

Kasman, S. (2019). Sistem Verifikasi Menangkal Berita Hoax di Media Cetak. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 2(1).

Kusuma, S. (2016). Posisi media cetak di tengah perkembangan media online di Indonesia. Jurnal InterAct, 5(1), 56-71.

Lenggawa, V. A. (2019). Strategi jawa pos dalam menghadapi persaingan bisnis media di era revolusi industri 4.0. Konvergensi: jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 1(1), 19-38.

Pamuji, E. (2019). Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa).

Putra, R. A. (2019). Tantangan Media Massa Dalam menghadapi era disrupsi teknologi informasi. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 1-6.

Radjagukguk, D. L. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Lokal Di Era Digital Dalam Industri Media Cetak. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 565-578.

Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56-64.




DOI: https://doi.org/10.55115/communicare.v4i1.3694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.