Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Implementasi Ajaran Susila Di Prodi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Sari
Komunikasi merupakan hal terpenting dalam kehidupan, karena setiap sektor kehidupan membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi. Meski begitu, dalam dunia pendidikan, sebagai dosen mata kuliah akhlak di prodi ilmu komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja selalu memilih strategi yang tepat dalam berkomunikasi dengan mahasiswa dalam proses pembelajaran akhlak. Strategi komunikasi yang tepat merupakan landasan dasar bagi dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran. Terkadang mahasiswa bosan dalam mengikuti pelajaran karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh dosen, gaya komunikasi dosen yang monoton dan metode yang kurang relevan dengan materi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Dari sinilah para dosen mata kuliah akhlak berinovasi dan merancang pembelajaran akhlak secara aktif dan kreatif, sehingga mahasiswa senang mengikuti perkuliahan. Strategi yang digunakan dosen mata kuliah akhlak dalam proses pembelajaran adalah dengan metode pembelajaran komunikasi dan gaya komunikasi yang relevan. Diantaranya adalah komunikasi dua arah, komunikasi online, komunikasi deskriptif, komunikasi interaktif, komunikasi inklusif, etika komunikasi dan komunikasi yang memotivasi. Serta dalam rangka lebih meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran akhlak dilakukan dengan melaksanakan santunan kepada panti asuhan Dana Punia dan melaksanakan Tirtha Yatra. Hal ini berdampak pada penguatan karakter siswa secara intelektual, emosional, dan spiritual.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, K. P. (2017). Pengembangan Lingkungan Inklusif Ramah Terhadap Pembelajaran (Lirp) Bagi Sekolah Dasar Di Kecamatan Buleleng, The Development Of Inclusive Environment For Buleleng Sub-District Elementry School. Ejurnal Imedtech, Vol.1 No.1 Mei 2017, Eissn 2580-6033, 68-71.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.
Hutapea, L. (2016). Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Al-Balagh, 1(1), 126-137. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/issue/view/77.
Kadjeng, I. N. (1997). Sarasamuccaya. Surabaya: Paramitha.
Lufri, S. E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG DI INTERVENSI TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Biologi,p-ISSN 2085-6873 | e-ISSN 2540-9271, Edisi Agustus 2021, Volume 12, Nomor 3, pp 182-186.
Mahanani, P. (2014). Media Sosial dan Gaya Komunikasi. Jurnal Komunikator, 6(1), 60. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/issue/view/43.
Nuraedah, M. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 135-152.
Nurrahmah, F. (2023). Strengthening Indonesian Language as National Identity Through Interactive Posters on Instagram @BASTRA.ID (Penguatan Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Melalui Poster Interaktif pada Instagram @BASTRA.ID) . Journal of Education and Humanities Educaniora, 2023 – 1(1): 10-16 – Online ISSN: 2986-5808, https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.3, 10-16.
Pratiwi, R. N. (2022). Strategi Komunikasi Dosen Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa. -Jurnal PETIK Volume 8, No 1, p-ISSN : 2640-7363,e-ISSN : 2614-6606, 57-65.
Putra, A. Z. (2022). Implementasi Teknik Komunikasi Pembina Pramuka Terhadap Siswa ((Implementation Of Scout Counter Communication Techniques To Student). Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, ISSN 2086-9762 (Print) ISSN 2655-0539 (Online), Volume 13 Nomor 1 (2022) 39-51, .
Santie, R. M. (2022). Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Jurnal IDEAS (Pendidikan. Sosial, dan Budaya), Vol.8, No.3, E-ISSN; 2656-940X, P-ISSN: 2442-367X.
Sucia, V. (2016). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru. Komuniti Jurnal Komunikasi dan Tekhnologi Informasi.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Titib, I. M. (2001). Pengantar Weda. Jakarta: Hanuman Sakti.
Titib, I. M. (2003). Teologi Dan Simbol-Simbol Dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramitha.
Wahidah, N. &. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print), Volume 6 Issue 4 (2022) Pages 3418-3428,.
DOI: https://doi.org/10.55115/communicare.v4i1.3385
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.