OPTIMALISASI PERAN PENYULUH AGAMA HINDU DALAM MENINGKATKAN SRADHA DAN BHAKTI GENERASI MILENIAL HINDU DI PURA TIRTA ARUM DESA KEDUNG ASRI BANYUWANGI
Sari
Penyuluh agama Hindu adalah orang yang memiliki peran dalam menyampaikan informasi tentang ajaran-ajaran agama Hindu yang ada di dalam Veda sebagai sumber ajaran atau pedoman hidup khususnya bagi umat Hindu. Penyuluh agama Hindu dalam melakukan penyuluhan menggunakan metode Sad Dharma yaitu: Dharma Wacana, Dharma Tula, Dharma Santi, Dharma Gita, Dharma Sadhana, dan Dharma Yatra. Namun dalam melaksanakan penyuluhan agama Hindu di Pura Tirta Arum Desa Kedungasri Banyuwangi penyuluh agama Hindu menggunakan metode dharma wacana, dharma gita dan dharma yatra untuk menarik minat generasi milenial dalam meningkatkan sradha dan bhakti. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana wujud sradha dan bhakti generasi milenial di Pura Tirta Arum Desa Kedungasri Banyuwangi? (2) Faktot apa saja yang mempengaruhi kurang optimalnya peran penyuluh agama Hindu di Pura Tirta Arum Desa Kedungasri Banyuwangi? (3) Bagaimana strategi penyuluh agama Hindu dalam meningkatkan sradha dan bhakti generasi milenial di Pura Tirta Arum Desa Kedungasri Banyuwangi?. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah Teori peran, Teori Praktis Sosial Pierre Bourdieu, dan Teori Komunikasi Masa. Lokasi dan waktu penelitian di Pura Tirta Arum Desa Kedungasri Banyuwangi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan melakukan: observasi partisipan, wawancara terstruktur, studi pustaka, dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis data kualitatif dengan langkah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kata kunci: Penyuluh Agama Hindu; Sradha dan Bhakti, Generasi MilenialTeks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
Ardana, I Made Rai, And Dkk. 2021. “Peran Penyuluh Penyuluh Agama Hindu Non PNS Terhadap Pendidikan Dan Sradha Generasi Muda Hindu Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Boyolali.”
Arsini, Made Tuty. 2019. “Peran Penyuluh Agama Hindu Dalam Mentransformasi Nilai-Nilai Agama Hindu Pada Masyarakat Di Yayasan Dana Punia.”
Gibson. 1996. “Tiga Faktor Yang Berpengaruh Pada Kinerja Individu, Yaitu: Faktor Individu, Psikologis Dan Organisasi.”
Hidayat, Amri Syarif. 2019. “Metode Dan Media Komunikasi Dalam Penyuluhan Agama.” Journal Acta Diurna 15 (2): 19. Https://Doi.Org/10.20884/1.Actadiurna.2019.15.2.2130.
Jelantik, Sayu Kadek .2021. Komunikasi Konseling Pada Program Dharma Wacana Dan Dharma Tula Di Dusun Ngis Kecamatan Narmada.
Mudana, And Dwaja. 2017. “Representasi Bhakti Dan Sradha Dalam Tari Ekar Sanjiwani”
Oktaviana, Duwi, And Pradna Lagatama. 2021. “Penyuluh Agama Hindu Sebagai Pemberi Edukasi Dan Motivasi Pada Umat.”
Oktaviana, Ni Made, And Dkk. 2018. “Penyuluh Agama Hindu Bagi Narapidana Di Rumah Tahanan Klas II B Negara, Kabupaten Jembrana.”
Santiawan. 2020. “Kinerja Penyuluh Agama Hindu. Non Pns Ditinjau Dri Fungsi Penyuluh Di Masa Pande,I Covid-19 ”
Suhardi, Untung. 2018. Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Hindu (Studi Pembinaan Umat Hindu Di DKI Jakarta) DHARMASMRTI Vol 9 No 2 Oktober 2018.
Tim Penyusun. 1988. Pedoman Pembinaan Umat Hindu Dharma Indonesia Denpasar: PT. Upada Sastra.
Tim Penyusun. 2005. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Dharma Wacana. Surabaya: Paramita.
Titib, I Made. 2008. Itihasa (Viracarita) Ramayana & Mahabharata Kajian Kritis Sumber Ajaran Hindu. Surabaya: Paramita
Vedanti, Kunti Ayu. 2017b. “Peran Penyuluh Agama Hindu Dalam Pembentukan Karakter Anti Radikalisme.”
Watra, I Wayan. 2007. Pengantar Filsafat Hindu (Tattwa I). Surabaya: Paramita
Wulandari, Riska 2022. Representasi Bhakti Dan Sradha Dalam Tari Sekar Sanjiwani.
Yasir. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi Sebuah Pendekatan Kritis Dan Komprehensif. Sleman: Deepublish.
Yuniati. 2022. “Retorika Dharma Wacana Pada Anak Berkelainan Pendengaran Di Slb Mataram.”
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.