PERAN MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SERIRIT

Putu Kristiana Dewi

Sari


Media komunikasi adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Akibat adanya pandemi membuat kegiatan pembelajaran mengalami perubahan yang sangat cepat, media komunikasi lalu digunakan sebagai media pembelajaran. Tatanan kehidupan otomatis mengalami banyak perubahan. Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Pemerintah Indonesia membuat beberapa aturan diantaranya larang untuk berkerumun, menjaga jarak, selalu mencuci tangan, selalu menggunakan handsanitizer dan menggunakan masker. Pembelajaran yang awalnya berlangsung secara langsung di sekolah kini menjadi berlangsung secara daring dengan memanfaatkan media komunikasi. Perubahan dalam melakukan kegiatan pembelajaran ini tentunya memberikan pengaruh pada guru. Kinerja guru juga terpengaruh akibat penggunaan media komunikasi dalam melakukan pembelajaran. Teori yang digunakan dalam menganalisis rumusan masalah adalah Teori Peran (Role Theory) dari Biddle & Thomas dan Teori Fenomenologi dari Creswell. Subjek penelitian ini adalah para guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Seririt. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran media komunikasi dalam pendidikan yaitu sebagai sumber informasi, sebagai sarana komunikasi dan untuk meningkatkan efektivitas kerja, (2) Media komunikasi yang digunakan oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 yaitu WhatsApp, Google Forms, Google Classroom, Zoom, Quizizz dan YouTube, (3) Kinerja guru saat menggunakan media komunikasi ada yang meningkat dan ada juga yang menurun tergantung dari pemahamannya menggunakan media komunikasi, (4) implikasinya yaitu berdampak positif dan negatif terhadap guru, siswa dan masyarakat.

Kata Kunci: Media Komunikasi, Kinerja Guru, Pandemi COVID-19


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Almaisya, L. 2021. Implikasi Perubahan Sistem Gadai Syariah (Studi Di Koperasi Aneka Jasa Kota Parepare) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Asnawir, dan Basyiruddin Usman M. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ke-5. Jakarta. CV Adi Perkasa.

Kaelan, H. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1)

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1).

Situmorang, Robinson, 2013, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi, Jakarta, Penerbit Kencana Prenada Media Grop.

Sudarsana, I. K. 2018. Optimalisasi penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum di sekolah (persepektif teori konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8-15.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, Martinis & Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.