Mengembangkan Konsep Bilangan Melalui Media Benda-Benda Alam Pada Anak Usia Dini

I Komang Sesara Ariyana, I Gusti Ayu Putu Oktariani

Sari


Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan konsep bilangan melalui media benda-benda alam pada anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak-anak dengan usia yang sangat belia. Pada usia ini, Pendidikan bagi anak usia dini menjadi relevan untuk diberikan kepada anak. Usia anak yang masih dini ini menjadi tunas yang bisa dilatih sedari dini, seperti untuk mengenalkannya pada lambang bilangan melalui media benda-benda yang bernuansa alam. Hal ini nantinya akan menjadi pembelajaran yang efektif dan edukatif bagi anak. Mengembangkan konsep bilangan melalui media-media alam bagi anak memiliki tujuan untuk mengembangkan daya kognitif anak dalam mengidentifikasi dari bilangan atau angka-angkat mulai dari angka 1 sampai 10 pada anak usia dini. Subjek dari penelitian ini tentunya anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan target keberhasilan ditunjukan melalui indikator keberhasilan anak mampu mengenali simbol angka 1 sampai 10.

Kata Kunci


konsep bilangan, media alam, pendidikan anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyenischa, N. (2019). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Kartu Angka di TK Assalam II Pulau Singkep Tahun Pelajaran 2017/2018. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Amiliya, R., & Harun, H. (2019, April). Natural based Learning for Early Childhood Cognitive Development. In International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018) (pp. 274-278). Atlantis Press.

Arifin, I. N. (2020, June). Media Alam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia Dini. In PROSIDING: SEMINAR NASIONAL ONLINE PAUD (pp. 97-112).

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117-126.

Ariyana, I. K. S. (2018). Subitizing sebagai Kemampuan Mendasar Bagi Anak Usia Dini untuk Menguasai Konsep Bilangan. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 57-65.

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1).

Blevinn-Knabe, B. & Austin, A.M.B. (2016). Early Childhood Mathematics Skill Development in the Home Environment. Switzerland: Springer.

Endolita, K., Fadillah, & Sutarmanto. (2015). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12).

Farihah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 91-112.

Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 23-30.

Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13.

Fittryati, S. A. (2020). Perancangan sekolah pendidikan anak usia dini (paud) di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur ramah anak menurut permendikbud no. 137 tahun 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hanita, H., & Memelina, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran di Rumah pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 43-50.

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1-7.

Jauhari, A., & Raufida, Z. (2022). Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui benda alam. Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan, 10 (2).

Jayanthi, I. A. M., Marsono, M., Made, G. J., & Komang, S. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Bahan Alam. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 21-32.

Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniasari, I., Sasmiati, S., & Haenilah, E. Y. (2018). Penggunaan media alam sekitar dan kemampuan berfikir logis anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Nurmala, W., Yasbiati, & Rahman, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kolase Berbahan Serbuk Kayu pada Kelompok B di RA Yasbiman Al-Munawar Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.3(2), Desember 2019 page 203-214.

Rahayu, A. (2022). Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Angka 1-10 Anak Usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Gembosan Boyolali. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(1), 1-11.

Roliana, E. (2018). Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 2018, Pp. 91-112.

Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 3(2), 118-126.

Siahaan, H., Hafizah, N., Ratna, E., & Santi, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Bahan Alam di Raudhatul Athfal Al Ghazali Medan Tp. 2020-2021. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 4(2).

Simanjuntak, F., & Siahaan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Bahan Alam. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 52-57.

Susilo, M.J. (2018). Analisis Potensi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Biologi yang Berdayaguna. Proceeding Biology Education Conference Vol. 15 (1): 541-546, Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i2.2423

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##


Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN 2746-0819 (Online) 2721-5075 (Printed)
Published by Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
W : http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD
E : jurnalwidyakumara@gmail.com


View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.