Strategi Guru Hindu Mengatasi Trauma Siswa di Masa Covid-19

Gusti Ngurah Ketut Putera, Siti Zaenab

Sari


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan mencegah kondisi fisik siswa terhadap trauma covid-19 dalam proses pembelajaran agama Hindu. Harapannya ke depan agar trauma pandemi Covid-19 19 cepat berakhir dan siswa yang belajar agama Hindu di rumah secara online bisa bertatap muka. Siswa berharap kepada guru agar belajar jarak jauh segera berakhir. Untuk itu materi pelajaran di kirim lewat WA sebagai bahan pembelajaran di rumah, siswa merasa tidak kondusif. Bagaimana strategi guru dalam mengatasi efek negative covid guru agama Hindu pada masa covid-19 segera berakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif fenomelogi. Dengan menggunakan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian adalah kondisi fisik dan mental siswa belum membaik karena dipengaruhi oleh pandemi covid-19. Kondisi pembelajaran agama Hindu saat ini dengan melalui jarak jauh PJJ, belum kondusif. Jadi efek negatif dari pembelajaran covid-19 adalah siswa harus belajar melalui pembelajaran jaga jarak, harus cuci tangan, harus pake masker, dan kendala belajar Pembelajaran Jarak Jauh ini menganggu siswa dalam proses belajar.


Kata Kunci: Trauma, Corona, Agama Hindu, Siswa, Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPL. Bandung.

Bruner. 2017. Teori Kognitif Pembelajaran Terkini. Jakarta.

Gerney 2010. Teori Perilaku Sosial. Jakarta Gaung Press.

Hidayat. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Irawan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

James Lange Huffman, dkk.1991. Konsep Ketakukan dan Kecemasan. Yogyakarta.

James Drever. 1987. Kebutuahan & Aktualisasi Diri. Gaung Persada Press.

Koentjoro. 2006. Penanganan Psikologis covid-19 pada Tahap Rekonstruksi dan Rehabilitasi. Makalah Diskusi Komisi E DPRD Propinsi DIY dengan LSM dan Mitra Kerja, 16 November 2006

Kebudayaan, Dinas Pendidikan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Media Pustaka Phoenix Jakarta.

Littlejhon Santoso. 2012. Trauma Kesehatan dan Gizi. Jakarta : Rineka Cipta; 2009 2.

Littlejohn dan Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika Ghony.

Robbins and Judge. 2008. Perilaku Organisasi Jakarta Salemba Humanika Ghony..

Marno dkk. 2010. Strategi Dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Maslow, Abraham Harold. 2010, Motivation and Personality. Rajawali. Jakarta.

Mulyasa. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marno dkk. 2010. Strategi Dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Maslow, Abraham Harold. 2010. Motivation and Personality. Rajawali. Jakarta.

Nawawi, Handari. 2003. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Madha University Press.

Prawirohardjo. Sugiyono. 2013. :Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pidarta. Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarwono. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono

Suhardi Sigit. 2006. Manajemen Penelitian. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syiful Sagala. 2010. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Soetjipto dan Kosasi. 1999. Pusat Pengembangan penataran Guru Tertulis. Dan Profesi Keguruan. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso. 2009. Startegi Pembelajaran Trauma Guru Dalam Mengelola Pendidikan. Kesehatan dan Gizi. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharto. 2017. Motivasi dan Kepuasaan Belajar. Jakarta Kencana Prenada.

Sutarto. 2017. Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal STAIN CURUP Vol. 1, No. 02, 2017 (Dalam file http:// journal. staincurup.ac.id/index.php/JBK/article/download/331/pdf di unduh pada tanggal 19 Maret 2019).

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. Pasal 1 ayat 4 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wilis Dahar, Ratna. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Yulian. 2020. Corona virus diseases (covid-19) Jurnal Literatur.

Zaenab, Siti. 2020. Konsep Dasar PAUD. Selaras Malang Jawa Timur.

Zaenab, Siti. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif Perspektif Kekinian. Malang: Selaras.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.