Menciptakan Daya Magnetis Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Meningkatkan Motivasi Siswa melalui Hypnoteaching Methode

Putu Wisnu Saputra, Putu Cory Candra Yhani

Sari


Saat ini, tantangan dunia pendidikan se-makin kompleks dan menuntut persiapan dan pemikiran yang sangat serius. Era society 5.0 lebih menonjolkan sis humanisme dalam me-nyelesaikan masalah-masalah social termasuk pendidikan dengan mengintegrasikan antara virtual dan realita. Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah guru. Guru da-lam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan gurulah yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Guru harus menjadikan pendidikan untuk membangun cara pan-dang yang esensial bagi para anak didiknya. Khususnya dalam Pendidikan Agama Hindu harus secara stagnan didiskusikan mengingat perkembangan dunia bersifat dinamis, inovatif dan kreatif seiring jamannya. Maka dari itu, peranan guru dalam meciptakan suasana belajar yang menyenangkan sangat penting di implementasikan. Guru wajib mengasah kemampuan dalam mengedukasi dan mentrasformasikan ilmu untuk mencerdaskan anak bang-sa. Dengan demikian salah satu method yang digunakan guru khsususnya guru pendidikan agama Hindu adalah dengan menggunakan Hypnoteaching. Hypnoteaching method merupakan metode yang menggunakan sugesti-sugesti positif untuk mencapai alam bawah sa-dar anak didik. Selain itu juga, metode ini bias dilakukan dengan mengubah persepsi guru ter-hadap anak didik. Sebab, dengan memberikan persepsi yang positif dari anak didik, guru akan lebih mudah meciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak didik akan lebih termotivasi untuk belajar.


Kata Kunci: Menciptakan Daya Magnetis, Pendidikan Agama Hindu, Hypnoteaching Method.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching; Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Jogjakarta: Diva Press.

Henson, K.T. & Eller, B.E. 1999. Educational Psychology for Effective Teaching. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Jaya, Novian Triwidia. 2010. Hypnoteaching. Bekasi: D-Brain.

Noer, Muhammad. 2010. HypnoTeaching For Succes Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Ratnawati, Aplikasi Quantum Learning, Jurnal Pendidikan Islam, (Vol.XIV,No.1, Mei/2005), Hal.71.

Sugiharta, I. P. S. O., & Sudarsana, I. K. (2017). Hypnotic Learning Characteristics On Sisya Brahmakunta Community In Denpasar.

Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(2), 132-145

Uno, B. Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2015. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

W.J.S Poerwadarminta,1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta. PN Balai Pustaka

Yutisia, N. 2012. Hypno Teaching (Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Https://wahyaketut.files.wordpress.com diakses pada tanggal 07 Mei 2021)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.