EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DI KAUM PELAJAR MASA KINI

I Gede Teguh Heriawan, Putu Ida Arsani Dewi

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan lemahnya penggunaan aplikasi penilaian tes secara online pada perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan siswa terhadap Quizizz sebagai media penilaian pada pembelajaran daing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 4- 6 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan instrumen angket. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya tanggapan positif dan negatif terkait pelaksanaan tes menggunakan media penilaian Quizizz. Dengan tes menggunakan media penilaian Quizizz, sebanyak 90,9% mahasiswa mengerjakan tes secara mandiri. Pandangan mahasiswa terhadap penggunaan Quizizz yaitu penerapan perkuliahan yang menyenangkan dan cukup menantang. Adapun mahasiswa yang beranggapan bahwa dalam Quizizz tidak bisa mengecek kembali jawabannya dan pemakaian Quizizz sangatlah rawan terutama bagi mahasiswa yang rumahnya pelosok atau susah sinyal.

Kata kunci: Penilaian, Quizizz, Perkuliahan Daring


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, L. & Rusmana, I.M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, hal 1-7. Aini, Y.I. (2019).

Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Kependidikan, Vol. 2, No. 25, hal. 1-6. Asrul, Ananda, R., Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. Fuady, M.J., (2016).

Pengembangan aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online untuk Pendidikan Jarak Jauh. Tekno, Vol. 26, hal. 148-154 Mahardiningrum, A.S. & Ratu, N. 2018.

Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditinjau dari Berpikir Kritis. Jurnal Mosharafa, Vol. 7, No. 1, hal. 75-84. Mulatsih, B. 2020.

Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No. 1, hal. 16-26. Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014).

Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Hal. 214-224. Utomo. (2015).

Pengembangan sistem ujian online soal pilihan ganda dengan menggunakan software Wondershare Quiz Creator. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4 (3), 1-6 Wahyu, A., Wibowo, T., Kurniawan, H. 2019.

Analisis Kemampuan Looking Back Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Sendika, Vol. 5, No. 1, hal.81- 87. Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, Vol. 8, No.1, pp. 37- 43.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.