Pelatihan Penyusunan Perangkat Dan Media Pembelajaran Untuk Kondisi Khusus Pada KKG Sd Kelas II Kecamatan Buleleng

Ni Nyoman Kurnia Wati, Gusti Ngurah Arya Yudaparmita, Komang Surya Adnyana

Sari


Pembelajaran secara daring menjadi alternatif dalam mengatasi penyebaran virus selama pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan karena kurangnya pemahaman guru terhadap penyusunan perangkat dan pemanfaatan media pembelajaran yang menjadi kendala utama selama proses pembelajaran secara daring. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dan tidak senang dengan materi yang diberikan oleh guru selama mengikuti pembelajaran. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun perangkat dan media pembelajaran khususnya guru-guru SD kelas II Kecamatan Buleleng, 2) meningkatkan kemampuan guru khususnya guru-guru SD kelas II Kecamatan Buleleng dalam merancang perangkat dan media pembelajaran di masa pandemi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan workshop penyusunan perangkat dan media pembelajaran untuk kondisi khusus pada KKG SD kelas II Kecamatan Buleleng Tahun 2020. Sedangkan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah: 1) setelah mengikuti pelatihan, pemahaman penyusunan perangkat dan media pembelajaran guru-guru kelas II Kecamatan Buleleng berada pada kriteria baik, 2) setelah mengikuti pelatihan, seluruh peserta guru-guru kelas II Kecamatan Buleleng mampu menyusun perangkat dan media pembelajaran.

Kata Kunci


Pelatihan, Perangkat Pembelajaran, Media Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eril. 2020. Mengenal Google Form: Pengertian, Kegunaan & Pembuatan. Tersedia pada https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/. Diakses tanggal 3 Maret 2021.

Ermayulis, Syafni. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/. Diakses tanggal 3 Maret 2021.

KBBI, 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kemdikbud. 2019. Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. Vol. 12 No. 1: Hal. 29-39.

Rahmania Rahman, dkk. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 4 No. 3. ISSN : 2656-6753.

Sugian Noor. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol. 6 No. 1. Hal. 1-7. ISSN : 2443-3608.

Tegeh, I Made.2008. Media Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Wahyuni. 2018. Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia.

Zuhdan, Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.